Lima Sayuran Ini Bikin Rambut Lebat dan Tebal

-Kesehatan, Utama-
oleh

JAKARTA– Selain merawat rambut dengan berbagai kosmetik, asupan makanan juga berpengaruh. Beberapa sayuran ini ampuh untuk melebatkan dan menebalkan rambut.

Rambut yang rontok hingga menyebabkan penipisan menjadi keluhan yang banyak terjadi pada banyak orang. Berbagai kosmetik hingga produk perawatan rambut banyak yang berusaha menawarkan solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

Ternyata asupan makanan yang tepat juga bisa mempengaruhi kesehatan rambut. Nutrisi alami dari makanan dibutuhkan tubuh untuk merawat seluruh sel-sel termasuk sel untuk memproduksi rambut.

Makanan yang dapat menebalkan dan melebatkan rambut ini banyak didapatkan melalui beberapa jenis sayuran. Jika memiliki keluhan serupa, daftar makanan ini dapat menjadi solusi untuk rambut yang mulai menipis.

Berikut ini lima sayuran untuk menebalkan dan memperlebat sayuran menurut Hindustan Times:

1. Bit

Sayuran berwarna merah merona ini berasal dari umbi akar tanaman bit. Bir seringkali diolah menjadi makanan sehari-hari, baik secara utuh maupun sebagai campuran.

Bit merah dapat diolah menjadi sayur dengan kuah yang segar ataupun pewarna pada mie dan adonan makanan lain. Ternyata warna merah yang timbul pada bit disebabkan oleh kandungan beta karoten.

Karotenoid dan juga likopen yang ada di halam bit dapat membantu menstimulasi pertumbuhan rambut. Sehingga sel-sel rambut akan lebih cepat meregenerasi ketika terjadi kerontokan.

2. Bayam

Tidak hanya ahli tetapi banyak orang yang juga sudah mengetahui bahwa bayam punya banyak khasiat. Kandungan nutrisi yang banyak membuat bayam dapat membantu memenuhi kebutuhan harian tubuh.

Pada bayam yang warnanya hijau pekat terkandung vitamin A, C, karoten,folat, dan potassium. Kolaborasi vitamin dan mineral yang ada di dalam bayam dapat membantu memperkuat folikel rambut.

Hasilnya konsumsi bayam secara rutin dapat membantu menguatkan akar rambut. Jangka panjangnya bayam juga berkhasiat untuk menebalkan setiap helai rambut.

3. Wortel

Selama ini wortel masih populer sebagai asupan makanan yang cocok untuk menyehatkan dan menajamkan mata. Warnanya yang oranye menandakan banyak nutrisi dan mineral di dalam sebuah wortel yang segar.

Kandungan vitamin A yang tinggi pada wortel tidak hanya dapat menyehatkan mata tetapi juga meningkatkan pertumbuhan rambut. Sehingga walaupun banyak rambut yang rontok tetapi pertumbuhan helai rambut yang baru akan terpicu lebih cepat.

Wortel juga memiliki kandungan antioksidan tinggi. Antioksidan dapat membantu menebalkan dan memanjangkan rambut tak hanya sekadar menghalau radikal bebas.

4. Bawang putih

Aroma yang kuat serta rasa gurih yang dihadirkan oleh bawang putih membuat rempah ini sering digunakan pada berbagai bumbu masakan. Apalagi pada hidangan Chinese yang identik dengan rasa gurih bawang putih yang kuat.

Selain memberikan rasa yang enak pada makanan, bawang putih juga berkhasiat untuk beberapa sel tubuh. Konsumsi bawang putih secara rutin dapat membantu stimulasi pertumbuhan rambut menjadi lebih cepat.

Bawang putih juga dapat mencegah kerontokan rambut dan mencegah kebotakan. Volume ketebalan rambut juga dapat dibantu oleh rempah ini yang langsung menutrisi folikel rambut.

5. Paprika

Dibalik warna-warni paprika yang cantik ternyata juga menyimpan banyak nutrisi di dalamnya. Selain menambahkan rasa yang unik pada makanan paprika juga menambahkan nutrisi yang penting untuk tubuh.

Paprika memiliki kandungan vitamin A yang cukup banyak. Pada sebuah paprika dengan ukuran sedang mengandung hingga 150-170 mikrogram yang cocok untuk menjaga kesehatan rambut.

Konsumsi paprika secara rutin dapat membantu mengatasi rambut rontok dan mencegah helai rambut menjadi rapuh. Dengan mencukupi asupan vitamin A, salah satunya dari paprika, dapat membantu menebalkan dan menyehatkan pertumbuhan rambut.

(sumber: detik.com)

Komentar