Tiga Cara Ini Dijamin Bisa Bikin Tidur Lebih Nyenyak

-Kesehatan, Utama-
oleh

JAKARTA– Tidur berpengaruh penting dalam banyak hal, terutama pola kehidupan sehari-hari. Sering sulit tidur? Jangan khawatir, ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar tidur semakin nyenyak.

Tidur akan memengaruhi fungsi kognitif dan suasana hati manusia. Tidur juga mampu membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Bukan rahasia lagi, tidur juga punya peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Sebaliknya, kurang tidur akan membuat tubuh mudah lelah dan tidak bersemangat.

Tak cuma itu, kurang tidur juga dapat memicu perubahan metabolisme dan hormonal. Sistem kekebalan tubuh juga bisa menurun hingga Anda mudah terserang penyakit.

Jika Anda punya gangguan tidur, penting untuk mengetahui cara mengatasinya. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan agar tidur semakin nyenyak, mengutip Real Simple.

1. Fokus pada fungsi kamar tidur

Mengutip Real Simple, pikirkan tiga hal tentang fungsi kamar tidur, yaitu sleep, sex, dan sick. Metode 3S ini merupakan hal yang dipelajari dalam medis dan terbukti berhasil.

Disarankan untuk menghindari aktivitas aktif di dalam kamar tidur seperti mengerjakan tugas, menonton televisi, bermain gim, atau lainnya.

Gunakan kamar tidur hanya untuk beristirahat. Pastikan juga untuk tidur dan bangun di waktu yang sama demi mendapatkan kualitas istirahat yang baik.

2. Relaksasi

Bersantai beberapa waktu sebelum tidur menunjang Anda untuk bisa beristirahat lebih nyenyak pada malam hari.

Luangkan waktu sekitar 30 – 60 menit untuk bersantai sebelum tidur. Cara ini bisa dilakukan dengan yoga, meditasi, atau membaca buku.

Disarankan untuk mandi dan berendam air hangat di akhir hari agar tubuh tenang dan rileks. Hal ini dapat membantu menenangkan sistem saraf dan mempersiapkan tubuh untuk bisa tidur nyenyak.

Kurangi konsumsi kafein dan alkohol, makan bergizi, dan pastikan rutin berolahraga agar dapat membantu tubuh lebih sehat, juga mempersiapkan istirahat malam dengan baik.

3. Konsultasi dengan ahli

Jika Anda masih sulit tertidur ketika mengikuti cara-cara di atas, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui apa penyebab medis yang mendasarinya.

Tidur sangat berpengaruh pada semua aspek kehidupan. Kurang tidur hanya akan mengganggu aktivitas harian.

(sumber: cnnindonesia.com)

Komentar