Personel Basarnas Palu Tingkatkan Kualitas Lewat Latihan Beregu HART

-Utama-
oleh

PALU– Pihak Kantor Pencarian dan Pertolongan Palu menyelenggarakan Latihan Beregu High Angle Rescue Technique (HART) pertolongan dengan menggunakan akses tali pada medan ketinggian, di kantonya, Jalan Elang, Kamis (7/3/2024).

Kegiatan yang dibuka oleh Kepala Subseksi Operasi dan Siaga SAR Kantor Pencarian dan Pertolongan Palu, Rusmadi itu dilaksanakan selama tiga hari dari 7 hingga 9 Maret 2024.

Dalam sambutannya, Rusmadi mengatakan, pelaksanaan kegiatan pelatihan SAR beregu ini khusus di ketinggian karena dalam pelaksanaan operasi SAR di Sulawesi Tengah kurun waktu lima tahun terakhir ini banyak operasi SAR terjadi di ketinggian.

Dengan dasar itu, tahun ini diselenggarakan latihan beregu di ketinggian dan kedepan juga akan diselenggarakan kegiatan di permukaan air.

“Kegiatan beregu ini merupakan salah satu upaya untuk peningkatan kualitas tim penolong (rescuer) Kantor Pencarian dan Pertolongan Palu dan peningkatan kesiapsiagaan dengan melakukan pembinaan dan latihan secara berkala,” ujar Rusmadi.

Kegiatan itu diikuti oleh 19 orang personel, baik yang bertugas di kantor maupun di Pos dan Unit Siaga SAR.

Adapun materi latihan beregu yaitu manajemen posko, cidera alat gerak, pedoman keselamatan di medan vertikal, system down work, eframe, system tyrolean, dan wash up (kaji ulang). LAH

Komentar