Tiga Pejabat Utama Korem 132/Tadulako dan Dandim 1306/KP Sertijab

-Utama-
oleh

PALU– Satuan Korem 132/Tadulako memiliki sejarah yang tidak pernah sama dengan sejarah orang lain.

Hal itu diutarakan Danrem 132/Tadulako, Brigjen TNI Dody Triwinarto saat memimpin Serah Terima Jabatan (Sertijab) Dandim 1306/Kota Palu (KP) dan tiga pejabat utama yakni Kasrem, Kepala Seksi (Kasi) Ren dan Ops Korem 132/Tadulako, di Aula Manggala Sakti makorem setempat, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Palu, Sabtu (9/3/2024).

“Almarhum Brigjen TNI (Anumerta) Syaiful Anwar, Danrem 132/Tadulako dan juga sebagai Dankolakops Tinombala saat itu dalam tugas pada 20 Maret 2016 silam, dia tengah melaksanakan operasi bantuan kepada Polri yang sedang memberantas kelompok Mujahidin Indonesia Timur di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, gugur bersama 12 penumpang dan awak lainnya, setelah Helikopter Bell 412 milik TNI-AD yang ditumpanginya dalam perjalanan menuju Kota Poso dari Watutau, Lore Peore tersambar petir di Kelurahan Kasiguncu. Beliau rela berkorban untuk daerah kita ini,” kata danrem.

Dalam kesempatan itu, Danrem Dody mengajak untuk mendoakan para kusuma bangsa yang telah gugur mempertahankan kedaulatan bangsa dan keutuhan wilayah NKRI, khususnya di daerah Poso.

“Semoga amal ibadahnya diterima disisi Allah SWT, mereka yang telah berkorban untuk Sulawesi Tengah,” katanya.

Danrem menyebut satuan Korem 132/Tadulako juga telah melahirkan pemimpin-pemimpin TNI.

Tiga mantan Danrem 132/Tadulako menjadi pucuk pimpinan TNI dan pimpinan Kostrad. Setelah sebelumnya Jenderal TNI Agus Subiyanto menduduki jabatan KSAD, dan kini Panglima TNI, dan Letjen TNI Saleh Mustafa serta Mayjen TNI Farid Makruf saat ini menjabat sebagai Pangkostrad dan Kaskostrad.

“Pemimpin-pemimpin kita itu pernah berdiri disini,” ucap Dody dengan semangat membara memicu mental dan semangat para komandan dan prajurit jajaran Korem 132/Tadulako untuk memberikan dedikasi terbaik kepada bangsa, satuan dan juga masyarakat Sulteng.

Selain itu, danrem juga mengucapkan selamat jalan dan sukses kepada Kolonel Czi Bambang Pranowo, Kolonel Inf Abi Kusniato, Kolonel Inf Kusnandar dan Kolonel Inf Endang Sumardi beserta istri, yang telah menyelesaikan tugas dan tanggung jawab sebagai Kasrem, Kasi Ren, Kasi Ops Korem 132/Tadulako, dan Dandim 1306/Kota Palu.

Sertijab dilingkungan TNI AD merupakan bagian dari dinamika organisasi yang berkaitan dengan pembinaan personel dan pembinaan satuan.

Setelah rangkaian acara pokok sertijab dan tradisi korps, dilanjutkan dengan acara tambahan, diantaranya kesan pesan dari pejabat lama dan perkenalan dari pejabat baru.

Adapun pejabat yang menjalani sertijab yakni Kasrem 132/Tadulako dari Kolonel CZI Bambang Pranowo kepada Kolonel Inf Antonius Totok Chrishardjoko.

Kemudian Dandim 1306/Kota Palu dari Kolonel Inf Endang Sumardi kepada Letkol Inf Rivan Rembudito Rivai.

Kemudian penyerahan jabatan Kasi Ren Kolonel Inf Abi Kusnianto dan Kasi Ops Korem 132/Tadulako Kolonel Inf Kusnandar Hidayat kepada Danrem 132/Tadulako. CAL

Komentar