Resmikan Pelaksanaan IJD, Presiden Jokowi ke Bangkep Pakai Heli Super Puma

-Banggai Kepulauan, Utama-
oleh

LUWUK– Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Tengah (Sulteng), Ma’mun Amir bersama Bupati Banggai Amiruddin Tamoreka beserta Pangdam XIII Merdeka Mayjen TNI Candra Wijaya, Kapolda Sulteng Irjen Polisi Agus Nugroho dan jajaran forum koordinasi pimpinan daerah Banggai menyambut kedatangan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam kunjungan kerja (kunker).

Setibanya di Bandara Syukuran Amiruddin Amir, Luwuk, Selasa (26/3/2024) pukul 10.35 Wita, Presiden bersama Menteri PUPR RI Basuki Hadi Muljono dan Menkes RI Budi Gunadi Sadikin didampingi Wagub Ma’mun Amir dan Kapolda Sulteng beserta rombongan langsung menaiki Heli Super Puma untuk bertolak menuju Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) dalam rangka meresmikan pelaksanaan Instruksi Presiden Republik Indonesia (Inpres) Nomor 3 Tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah atau Inpres Jalan Daerah (IJD), sekaligus meninjau pasar tradisional dan sekaligus menyerahkan bantuan modal kepada pedagang pasar.

Bangkep salah satu kabupaten yang mendapatkan bantuan dana inpres percepatan pembangunan jalan daerah pada APBN tahun 2023 pemerintah pusat dan diresmikan pada tahun 2024.

Bantuan anggaran inpres diperuntukkan untuk  pembangunan jalan daerah yang menjadi penghubung ke kawasan industri dan sentra produksi.

Pemerintah pusat mengalokasikan anggaran sebesar Rp14,6 triliun di tahun 2023 untuk peningkatan jalan daerah di beberapa provinsi di Indonesia.

Sementara untuk tahun 2024, pemerintah telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp15 triliun untuk peningkatan jalan daerah.

Keberadaan inpres, merupakan bentuk regulasi sekaligus kebijakan pemerintah pusat dalam mengintervensi daerah lewat stimulan anggaran agar terbantu dalam mengatasi peningkatan jalan guna memperlancar akses konektivitas.

Selain meresmikan IJD dan meninjau Pasar Salakan di Bangkep, Jokowi juga meninjau sekaligus akan meresmikan beberapa Proyek Strategis Nasional di wilayah Kota Palu, Kabupaten Sigi, Donggala (Pasigala), Kabupaten Banggai, dan Kabupaten Tolitoli. Kunker RI 1 ke Sulteng dijadwalkan berlangsung selama dua hari dari 26-27 Maret 2024. CAL

Komentar