Walikota Palu: Siapa Ada Bukti Pembuang Sampah Sembarangan Dapat Bonus!

-Utama-
oleh

PALU– Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid menggelar acara buka puasa bersama ratusan petugas serta pengawas Padat Karya dari empat kecamatan yakni Palu Selatan, Palu Barat, Ulujadi, dan Tatanga, bertempat di rumah jabatannya, Jalan Baruga, Sabtu (6/4/2024) sore.

Dalam sambutannya, Walikota Hadianto mengatakan, rencana acara buka puasa bersama padat karya ini sudah direncanakan sejak beberapa tahun sebelumnya, namun karena dalam terkendala Covid-19, sehingga baru terealisasi tahun ini. Terlebih Kota Palu belum lama ini meraih Piala Adipura.

“Saya sampaikan terima kasih kepada seluruh pejuang Adipura. Terima kasih karena kontribusi yang diberikan Keluarga Besar Padat Karya di Kota Palu kita bisa dapatkan penghargaan Adipura di tahun 2023 yang kita terima di tahun 2024 ini, kontribusi besarnya adalah kita, para pejuang Padat Karya,” katanya.

Karena kata walikota, begitu orang masuk ke Kota Palu, mereka melihat jalan-jalan utama dan lingkungan bersih semua.

Menurutnya, jika ada orang yang buang sampah sembarangan, itu karena belum bayar retribusi. Oleh karenanya kata walikota, keberadaan padat karya sangat dibutuhkan di Kota Palu.

“Janji Rp1 juta yang saya sampaikan untuk Padat Karya terpenuhi tahun ini. Pas-pas terpenuhi, pas-pas juga dapat Adipura, Alhamdulillah,” tutur Walikota Hadianto.

Dia berpesan kepada seluruh petugas Padat Karya untuk mendokumentasikan jika menemukan ada warga yang membuang sampah sembarangan.

“Komiu (kamu) foto dan laporkan, maka kita akan sanksi orang yang membuang sampah sembarangan. Karena orang yang mengotori kota adalah orang yang tidak mau menghargai kota kita ini dan tidak menghargai kerjanya komiu. Tetapi orang yang tahu menyayangi dan menghargai kotanya, maka dia akan jaga ketertiban dan kebersihan kotanya. Saya sampaikan, kalau bukan kita yang jaga kota ini, siapa? Kalau bukan kita yang urus kota ini, siapa?,” tuturnya yang disambut tepuk tangan dari ratusan petugas padat karya.

Dalam kesempatan itu, walikota juga meminta kepada seluruh padat karya untuk menjadi mata-mata.

“Saya lagi siapkan aturan, siapa yang melaporkan dan ada bukti bisa mendapatkan pelaku pembuang sampah sembarangan nanti dapat bonus,” tegas walikota.

Walikota juga mengaku bersyukur dan sangat senang karena warga di wilayahnya sudah berubah dan jauh tertibnya dalam menjaga kebersihan.

Dia juga mengungkapkan bahwa Presiden Jokowi saat kunjungan kerja di Palu sempat berbisik kepadanya tentang Kota Palu yang jauh berubah total.

“Waktu itu Pak Presiden tanya, Pak Wali kenapa kota ini bisa berubah total begini? Karena ditanya begitu, saya bilang karena padat karya pak!,” ungkap Walikota Hadianto sembari berharap kepada seluruh warga di wilayahnya untuk terus menjaga kebersihan di lingkungannya masing-masing.

Kegiatan buka puasa Walikota Hadianto bersama petugas serta pengawas padat karya itu diakhiri dengan Salat Magrib berjemaah dan makan malam. Rencananya buka puasa Walikota Hadianto bersama petugas serta pengawas padat karya dari empat kecamatan lainnya yakni Palu Timur, Tawaeli, Palu Utara, dan Mantikulore akan berlanjut pada Ahad (7/4/2024) sore ini. CAL

Komentar