Wagub Sulteng: InsyaAllah Poso akan Dijadikan Kotamadya

-Kota Palu, Utama-
oleh

PALU– Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Tengah (Sulteng), Ma’mun Amir secara resmi menutup Pagelaran Seni Budaya To Pamona Poso, di panggung utama Taman GOR Palu, pada Ahad (5/5/2024) malam.

Pagelaran ini diinisiasi Perhimpunan Masyarakat Indonesia Pamona Poso (Permippos) dengan tujuan memperkenalkan serta melestarikan seni dan budaya To Pamona Poso.

Turut hadir, Wakil Ketua TP PKK Halima Amir, Bupati Sigi Moh Irwan Lapata, Perwakilan Bupati Poso, para pimpinan organisasi perangkat daerah, tokoh masyarakat, pemuda dan adat.

Wagub Ma’mun Amir berharap kegiatan tersebut dapat terus dijaga konsistensi dan keberlanjutannya sebagai wujud kolaborasi sinergitas dalam mendukung serta mempromosikan kekayaan seni budaya lokal.

Untuk menjaga warisan budaya, dia mengajak kepada seluruh masyarakat untuk turut terlibat dalam upaya pelestarian dan pengembangan kebudayaan yang ada dalam masyarakat, sehingga identitas kearifan lokal khususnya seni budaya To Pamona Poso tetap hadir dalam jejak budaya dari masa ke masa.

Menurutnya, kebudayaan tidak sekadar sebagai simbol tapi juga sumber pembangunan ekonomi masyarakat. Terbukti pariwisata budaya ketika dikelola dengan baik maka bisa menjadi pendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Sebab kata dia, sektor pariwisata tak hanya sekadar multi sektoral tapi juga mampu menyerap tenaga kerja lebih banyak.

Kaitannya dengan kesejahteraan masyarakat, dia pun menambahkan bahwa Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah telah menyelesaikan studi kelayakan terkait Daerah Otonom Baru (DOB), diantaranya Poso.

“InsyaAllah, Poso akan dijadikan kotamadya, kemudian kabupaten berpindah ke Pamona,” tuturnya.

Tujuan pemekaran DOB ini yaitu untuk mendekatkan pelayanan pada masyarakat supaya lebih cepat serta mempercepat proses pembangunan.

Dengan adanya DOB tersebut, wagub berharap ada peningkatan pelayanan umum secara maksimal dari lembaga pemerintah di masing-masing daerah, sehingga masyarakat dapat merasakan secara langsung manfaat dari otonomi daerah.

Sebelumnya, Ketua Panitia, Agustin Maria Tobondo berharap kegiatan ini dapat menjadi sarana untuk lebih memajukan budaya daerah dalam mendukung visi gubernur yakni “Gerak Cepat Menuju Sulawesi Tengah Lebih Sejahtera dan Maju”. CAL

Komentar