Jelang Pilkada Parimo, Tiga Pasang Calon Independen Serahkan Syarat Dukungan ke KPU

-Utama-
oleh

PARIMO– Tiga Bakal Calon (Balon) independen menyerahkan syarat dukungan perseorangan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Parigi Moutong, Sulawesi Tengah pada Ahad (12/5/2024) malam untuk mengikuti pemilihan kepala daerah (pilkada) setempat.

Ketua KPU Parimo, Ariyana Borahima, di Parigi mengatakan, ada tiga calon perseorangan yang mendaftarkan diri ke KPU.

Dia menyebutkan, balon perseorangan pertama yakni Isram Said Lolo dan Nasar Pakaya dengan jumlah syarat dukungan sebanyak 39.124, tersebar di 23 kecamatan.

Berikutnya, balon perseorangan kedua, Maziru dan Susmita dengan jumlah syarat dukungan sebanyak 29.572, tersebar di 23 kecamatan.

Balon perseorangan ketiga atau terakhir adalah Osgar Dg Matompo dan Alina A Deu, dengan jumlah syarat dukungan sebanyak 41.442, tersebar 23 kecamatan.

“Malam ini juga, kami akan mulai melakukan penyesuaian jumlah syarat dukungan antara B1KWK, dengan BKWK yang diserahkan fisiknya saat ini,” ujarnya, Ahad malam.

Dia menuturkan, setelah dilakukan penyesuaian jumlah, para balon perseorangan wajib menginput syarat dukungannya ke Sistem Informasi Pencalonan (Silon).

Batas waktu penginputan ke Silon yakni 3 x 24 jam usai menerima berita acara KPU Parimo.

Apabila jumlahnya telah dinyatakan sesuai kata dia, maka pihak KPU akan menyerahkan berita acara ke balon perseorangan.

Soal surat izin bagi balon perseorangan yang berstatus aparatur sipil negara atau ASN kata Ariyana, telah dipenuhi Alina A Deu dan Isram Said Lolo saat penyerahan syarat dukungan. NOV

Komentar