Ratusan Pelajar SMP Ikut O2SN dan FLS2N di Parimo

-Parigi Moutong, Utama-
oleh

PARIMO– Penjabat (Pj) Bupati Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah, Richard Arnaldo membuka secara resmi kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) jenjang SMP di wilayahnya, bertempat di Lapangan Sepakbola Maritim Putra, Desa Moutong Barat, Selasa (21/5/2024).

Dalam sambutannya, Pj Bupati Parimo menyampaikan apresiasi kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat yang telah bekerja keras bahu membahu, sehingga kegiatan itu bisa terlaksana.

Melalui kegiatan tersebut, Pj bupati berharap dapat meningkatkan kondisi kesehatan jasmani siswa dalam rangka peningkatan kualitas akademis.

Selain itu juga terjaringnya bibit-bibit atlet berbakat dalam bidang olahraga dan seni untuk dibina dan dikembangkan lebih terarah dan berkelanjutan, serta menghasilkan siswa terbaik masing-masing cabang olahraga dan seni yang mampu berprestasi mengharumkan nama daerah.

“Kegiatan ini merupakan momen yang tepat dan sangat berharga bagi para anak-anak kita untuk dapat berkreasi, berinovasi, berprestasi dan berkompetisi secara sehat sekaligus dapat memberikan pengalaman belajar yang baik, mematuhi aturan, mengakui kelemahan diri sendiri dan belajar mengakui kekuatan lawan,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana, Muslim dalam laporannya mengatakan, cabang olahraga yang dilombakan pada kegiatan itu adalah sepak bola, bola voli, atletik, pencak silat, karate, bulutangkis, dan renang.

Adapun bidang seni yang diperlombakan adalah tari kreasi, kreativitas musik tradisional, adsampel campuran, penyanyi solo, ilustrasi, dan pantofel.

Muslim menyampaikan peserta lomba yakni pelajar SMP negeri dan swasta se Parimo yang terbagi dalam enam rayon, Rayon 1 (Kecamatan Tolai, Balinggi dan Sausu), Rayon 2 (Kecamatan Parigi, Parigi Selatan, Parigi Barat, Parigi Tengah dan Parigi Utara).

Kemudian Rayon 3 (Kecamatan Siniu, Ampibabo, Toribulu dan Kasimbar) Rayon 4 (Kecamatan Tinombo Selatan, Sidoan dan Tinombo), Rayon 5 (Kecamatan Palasa, Tomini dan Mepanga).

Berikutnya Rayon 6 (Kecamatan Ongka Malino, Bolano, Bolano Lambunu, Taopa dan Moutong) dengan jumlah atlet sekira 276 pelajar dan cabang seni diikuti oleh sekira 90 pelajar. LAH

Komentar