Jelang Pilkada Sulteng, Survei SDI: Elektabilitas Rusdy Mastura Masih Unggul

-Politika, Utama-
oleh

JAKARTA– Lembaga Survei Skala Data Indonesia (SDI) merilis hasil survei terkini dimana Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Rusdy Mastura masih unggul untuk maju kembali dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak di wilayahnya pada 27 November 2024 mendatang.

“Survei ini memotret banyak hal, mulai dari tingkat kepuasan publik, masalah yang menjadi perhatian masyarakat dan termasuk persaingan elektoral jelang pemilihan gubernur,” kata Direktur Eksekutif SDI, Arif Nurul Imam dalam keterangan di Jakarta, Sabtu (25/5/2024).

Dia menjelaskan, survei terkait dinamika pilkada di Provinsi Sulawesi Tengah digelar 1-10 Mei, dengan metode wawancara tatap muka langsung, jumlah responden sebanyak 800 responden dengan margin off error kurang lebih 3,46 persen.

Dia mengatakan, tingkat kepuasan publik terhadap pemerintah Rusdy Mastura masih lumayan bagus di angka 52,2 persen.

Sementara isu yang menjadi perhatian masyarakat adalah kemiskinan, pengangguran, pemberantasan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN), harga kebutuhan pokok dan infrastruktur.

Dia menuturkan, hasil survei menunjukkan beberapa tokoh nasional dan lokal masih kuat untuk berkompetisi dengan petahana Rusdy Mastura.

Nama-nama diantaranya Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali dengan persentase 11 persen dan Anggota DPR RI sekaligus Ketua Partai Demokrat Sulteng, Anwar Hafid sebesar 9,4 persen.

Sementara itu,  jumlah pemilih yang menyatakan belum memiliki pilihan sebesar 23,3 persen, sedang yang menjawab atau tidak tahu sebesar 36 persen. Artinya kata Arif, masih banyak pemilih tak bertuan, akan menjadi ladang perebutan simpati para tokoh yang akan berkontestan.

“Survei ini juga menyoroti soal pengaruh politik uang, dimana sebanyak 22 persen akan terpengaruh dan sebesar 44 persen menyatakan tidak terpengaruh,” ungkapnya. */CAL

Komentar