Wagub Sulteng Ingatkan Orang Tua Asuh Serius Dampingi Keluarga Berisiko Stunting

-Utama-
oleh

PALU– Komitmen Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tengah (Sulteng) dalam penanganan stunting tampaknya bukan isapan jempol belaka.

Setelah resmi diluncurkan pada Januari 2024, program “Tangguh Bersinar” menunjukkan hasil positif, yakni menurunnya angka stunting di Kabupaten Sigi yang mencapai 10,4 % dari 36 % menjadi 26 %.

Program Tangguh Bersinar merujuk Surat Keputusan Gubernur Sulawesi Tengah Nomor: 400.9.14/24/Bappeda-G.ST/2024 tanggal 23 Januari 2024 tentang Lokasi Sasaran dan Orang Tua Asuh Program Terpadu Percepatan Penurunan Stunting dan Penanggulangan Kemiskinan Berbasis Perangkat Daerah (Tangguh Bersinar) Tahun 2024 dan Kabupaten Sigi dipilih sebagai pilot project program Tangguh Bersinar.

“Terima kasih kepada semua stakeholder yang telah berpartipasi dalam penanganan stunting di Kabupaten Sigi,” ucap Wakil Gubernur (Wagub) Sulteng, Ma’mun Amir saat membuka Rapat Pelaporan Pelaksanaan Intervensi Tahap I “Tangguh Bersinar” di Ruang Nagana Kantor Bappeda setempat pada Rabu (29/5/2024).

Dengan adanya program tersebut yang turun langsung di lapangan dan mengetahui masalah pada lingkup terkecil di tingkat desa/kelurahan hingga keluarga kemudian dilakukan intervensi secara kolaborasi, maka bukan hal yang mustahil permasalahan stunting bisa diselesaikan.

Menurut Wagub Ma’mun Amir yang juga Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting Provinsi Sulawesi Tengah, penanganan stunting bukan hanya menjadi tugas pemerintah, tetapi merupakan tugas stakeholder yang harus dikerjakan secara terpadu.

Dia pun memberikan peringatan atau warning kepada stakeholder yang telah diberikan tugas dan tanggung jawab sebagai orang tua asuh agar lebih serius dalam melaksanakan pendampingan kepada keluarga berisiko stunting demi terwujudnya keluarga berkualitas di Sulteng.

Dia juga berharap perangkat daerah dan stakeholder yang terlibat melaporkan segala hambatan dan tantangan selama dilapangan, kemudian hasilnya akan dilaporkan kepada gubernur untuk mendapatkan masukan dan kesimpulan dalam penanganan stunting di Sulteng.

Sementara itu, Kepala Bappeda Sulteng, Christina Sandra Tobondo selaku Ketua Tim Sekretariat Program Tangguh Bersinar mengungkapkan, terdapat beberapa BUMN/BUMD yang belum berpartisipasi dalam program Tangguh Bersinar, antara lain BNI, BSI, dan BTN. LAH

Komentar