Gempa Magnitudo 3,8 Guncang Palu, Kedalaman 34 Km

-Kota Palu, Utama-
oleh

PALU– Wilayah Kota Palu, Sulawesi Tengah diguncang gempa bumi tektonik pada Kamis (6/6/2024) malam pukul 20:46:26 Wita.

Kepala Stasiun Geofisika Palu, Sujabar mengatakan, hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempa bumi ini berkekuatan magnitudo 3,8.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 1.15 LS-119.80 BT atau tepatnya berlokasi di darat, 29 kilometer (km) arah selatan Palu dengan kedalaman 34 km.

Menurutnya, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan dangkal akibat aktivitas sesar lokal setempat.

Berdasarkan laporan masyarakat, gempa bumi ini dirasakan II MMI di Sigi. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami.

Dia mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah,” tuturnya. HAL

Komentar