Bupati Irwan Minta Seluruh Kades di Sigi Terus Perbarui DTKS

-Sigi, Utama-
oleh

SIGI– Bupati Sigi, Mohamad Irwan secara resmi membuka kegiatan Rapat Koordinasi Penguatan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dalam rangka penurunan kemiskinan ekstrem di wilayahnya, Rabu (12/6/2024).

Acara ini berlangsung di aula BSIP Sidera, Kecamatan Sigi Biromaru dan dihadiri oleh pejabat Pusat Data dan Informasi Kementerian Sosial Republik Indonesia serta berbagai pihak terkait.

Dalam sambutannya, Bupati Mohamad Irwan menegaskan pentingnya peran DTKS sebagai dasar acuan untuk mewujudkan kesejahteraan sosial dan menghapus kemiskinan sesuai dengan Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial.

“Salah satu cara efektif untuk penuntasan kemiskinan adalah melalui penyaluran dana bansos yang dialokasikan dari APBN dan APBD. Penduduk yang tidak mampu memenuhi kebutuhan hidup berhak mendapatkan bantuan sosial,” ujar Bupati Irwan.

Bupati menyebutkan berbagai program penanggulangan kemiskinan yang sudah ada, termasuk Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Kelompok Usaha Bersama (KUBE), serta program-program khusus Pemerintah Kabupaten Sigi seperti beasiswa pendidikan dan perlindungan kesehatan melalui Program Masagena.

Dalam kesempatan itu, Bupati Sigi berpesan kepada seluruh kepala desa (kades) di wilayahnya yang dikoordinir oleh camat untuk terus memperbarui DTKS di wilayah desanya masing-masing.

Hal ini kata dia, agar program-program yang bertujuan untuk penuntasan kemiskinan dan bantuan sosial dapat tersalurkan tepat sasaran.

Acara ini juga disertai dengan penyerahan bantuan dari pihak swasta yang berkolaborasi dengan pemerintah daerah dalam upaya pengentasan kemiskinan ekstrem dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Sigi.

Tujuan dari kegiatan ini adalah sinkronisasi dan harmonisasi DTKS serta data kemiskinan ekstrem, sehingga menghasilkan yang valid dan teruji. CAL

Komentar