KPU Palu Gelar Bimtek Pemutakhiran Data Pemilih dan Sidalih

-Utama-
oleh

PALU– Pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu, Sulawesi Tengah menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemutakhiran Data Pemilih dan Aplikasi Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih) serta pencocokan dan penelitian (coklit) secara elektronik di sebuah hotel Jalan Malonda, Kamis (20/6/2024).

Kegiatan ini diikuti oleh anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS), termasuk ketua dan divisi yang menangani data.

Komisioner KPU Kota Palu Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Muhammad Musbah menjelaskan, satu orang anggota PPS tetap berada di kelurahan, sementara saat ini proses perekrutan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) sedang berlangsung.

Menurutnya, Kota Palu telah mencukupi kebutuhan pantarlihnya.

Adapun materi bimtek mencakup pemutakhiran data, prosedur coklit, penggunaan aplikasi Sidalih, praktik langsung Sidalih dan coklit, serta simulasi coklit oleh peserta PPK dan PPS.

Dia menuturkan, tujuan utama bimtek ini adalah untuk menyamakan pemahaman antara PPK dan PPS, serta memberikan pelatihan lanjutan kepada Pantarlih dengan spesifikasi yang dibutuhkan.

Musbah berharap masyarakat dapat segera menyiapkan data kependudukannya untuk proses coklit yang akan dilaksanakan oleh KPU Kota Palu pada 24 Juni 2024 mendatang.

“Kami mengimbau masyarakat untuk menyiapkan dokumen kependudukan karena pantarlih akan mendatangi rumah-rumah warga untuk melakukan pencoklitan,” ujarnya.

KPU Palu berkomitmen untuk memastikan proses pemutakhiran data pemilih berjalan lancar dan akurat guna mendukung kelancaran pilkada serentak. RIL

Komentar