Festival Teluk Tomini di Parimo Diharap Jadi Media Promosi Pariwisata Sulteng

-Parigi Moutong, Utama-
oleh

PARIMO– Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulawesi Tengah (Sulteng), Novalina menghadiri Pembukaan Festival Teluk Tomini (FTT) Tahun 2024.

Festival yang mengangkat konsep lingkungan sebagai bentuk penyelamatan Pesisir Teluk Tomini  ini berlangsung di lokasi eks Sail Tomini, Kayu Bura, Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Jumat (28/7/2024) malam.

Saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Sulteng, Sekprov Novalina mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Parimo.

Begitu pun Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang telah memberikan dukungan bagi pelaksanaan Festival Teluk Tomini 2024.

Menurutnya, Pemkab Parimo dan berbagai pihak telah bekerjasama dalam menjaga kesinambungan festival ini sebagai iven reguler kepariwisataan dalam mempromosikan daerah yang juga dikenal sebagai kabupaten durian di Sulteng.

“Harapan saya, semoga dengan terselenggaranya Festival Teluk Tomini, menjadi media promosi yang menjanjikan guna mengangkat potensi pariwisata Sulawesi Tengah ke tingkat global, sekaligus pula menjadi media monetisasi, untuk menghasilkan cashflow dan cuan (uang) yang banyak untuk ekonomi lokal,” ujarnya.

Dia juga mengajak seluruh undangan dan pengunjung untuk menjadi influencer bagi kemajuan pariwisata, dengan sesering mungkin membagi konten-konten pengalaman mengunjungi berbagai tempat wisata di Sulteng lewat platform sosial media.

“Supaya teman-teman kita, keluarga dan para follower, setelah melihat postingan-postingan yang dishare menjadi terpancing untuk berwisata ke tempat-tempat wisata yang sudah pernah dikunjungi, namun selama ini belum pernah mereka kunjungi, karena terbatasnya informasi yang diperoleh,” katanya.

Sementara itu, Pj Bupati Parimo, Richard Arnaldo Djanggola mengatakan, Festival Teluk Tomini 2024 selain merupakan sebuah kebanggaan semua pihak, khususnya masyarakat Parigi Moutong, kegiatan ini juga bertujuan sebagai ekoturisme ivent yang berkualitas dan berkelanjutan menjadi ivent bersifat kolaboratif, kreatif, edukatif serta konsefatif.

“Festival Teluk Tomini yang telah dirintis sejak tahun 2014 telah sukses kita laksanakan di setiap tahunnya sebagai upaya mempromosikan pariwisata di Kabupaten Parigi Moutong,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Staf Khusus Menparekraf Bidang Akuntabilitas, Pengawasan, Reformasi, dan Birokrasi Kemenparekraf/Baparekraf, Irjen Polisi Krisnandi mengapresiasi digelarnya ivent Festival Teluk Tomini.

Dia mengungkapkan, Festival Teluk Tomini merupakan salah satu dari 110 event yang masuk pada kharisma event nusantara.

“Hal ini tidak terlepas dari keunikan konsep dan rangkaian kegiatan yang beragam, mengangkat tradisi budaya pesisir terumbu karang dunia yang bertujuan untuk menjadi event pariwisata berwawasan lingkungan terhadap masalah ekologi yang terjadi di kawasan Teluk Tomini,” tuturnya. LAH

Komentar