Pj Bupati Parimo Minta Korban Banjir Bandang Sabar dan Jaga Kesehatan

-Parigi Moutong, Utama-
oleh

PARIMO– Penjabat (Pj) Bupati Parigi Moutong (Parimo), Richard Arnaldo meninjau korban dan lokasi banjir bandang di beberapa titik Kecamatan Toribulu pada Sabtu (29/6/2024).

Pj Bupati kala itu didampingi Ketua DPRD Parimo, Sayutin Budianto Tongani, Pelaksana Tugas Ketua TP-PKK Surya Fibrianti bersama Staf Ahli, dan Kepala organisasi perangkat daerah (OPD).

Pj bupati menyampaikan, saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) tengah berupaya untuk memastikan kebutuhan dasar warga yang terdampak banjir dapat terpenuhi, khususnya masyarakat di pengungsian.

“Saya melihat langsung kondisi di Desa Tanalanto dan Tindaki pada Kamis 27 Juni 2024 kemarin, dan sekarang di Desa Sienjo dan Sibalago. Intinya saya ingin mengecek distribusi bantuan yang diberikan oleh beberapa instansi, bertujuan untuk memastikan warga terdampak mendapatkan penanganan yang optimal,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Sosial, Tri Nugrah Adiyarta mengatakan, untuk bencana di Kecamatan Toribulu, Desa Sibalago dan Desa Sienjo, bantuan yang masuk dari Kementerian Sosial melalui Balai Nipotove Palu ada beberapa item yakni kasur lipat, tenda gulung, makanan siap saji, sandang dewasa dan anak, serta kids ware.

“Itu yang kita salurkan, yang darurat sambil melengkapi data real di lapangan. Jadi yang darurat ini kita dahulukan. Dimana untuk darurat terkategori pada 20 unit rumah hanyut dan full kita bantu untuk tenda gulung, tikar, matras, dan seterusnya,” katanya.

Untuk 20 rumah hanyut itu ada di Dusun III Desa Sibalago, itu full bantuannya yang masuk.

Bantuan selanjutnya yang masih ada kata dia, menyesuaikan nanti dengan kategori dikeluarkan oleh Dinas Perumahan, baik itu rusak ringan, sedang, dan berat.

Menurutnya, bantuan untuk rusak berat itu tidak akan sama dengan yang rusak sedang dan ringan.

Misalnya, rusak berat, tapi tidak ada balita berarti kids ware tidak dibagikan karena tidak digunakan.

Begitupun juga dibagikan ke rusak ringan, tapi yang ada balitanya, jadi menyesuaikan ini bantuan sesuai kebutuhan per kartu keluarga.

“Untuk warga yang terdampak banjir bandang, InsyaAllah biaya anak sekolah dibantu dan akan menjadi perhatian kami. Pesannya sabar dulu serta jaga kesehatan,” tutur Richard Arnaldo menambahkan.

Dia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak hingga saat ini masih bekerja dilapangan OPD teknis, TNI dan Polri, Tagana, relawan, Palang Merah Indonesia, dan seluruh lapisan masyarakat yang telah bahu membahu memberikan bantuan, sehingga beban duka dialami warga terdampak dapat diringankan.

“Mari bersama selalu berdoa dan berikhtiar. Semoga ujian ini menjadikan kita lebih kuat, tabah dan ikhlas. Setiap ujian yang dihadapi adalah pengingat bahwa kita adalah manusia lemah,” kata Pj Bupati Parimo. HAL

Komentar