20 Personel Polda Sulteng Pensiun, Dilepas dengan Upacara Pedang Pora

-Kota Palu, Utama-
oleh

PALU– Sebanyak 20 personel Polda Sulawesi Tengah (Sulteng) yang memasuki masa pensiun atau purnawirawan mengikuti upacara Wisuda Purna Bakti di halaman depan mapolda setempat, Jalan Soekarno Hatta, Kota Palu, Senin (1/7/2024) sore.

Personel Polda Sulteng yang memasuki masa pensiun terdiri dari perwira menengah (pamen) 10 orang, perwira pertama tujuh orang, dan tiga aparatur sipil negara atau ASN yang memasuki purna tugas mulai 1 Agustus 2023 hingga 1 Juli 2024.

Upacara pedang pora Wisuda Purna Bakti dipimpin Kapolda Irjen Polisi Agus Nugroho selaku Inspektur Upacara, diikuti para pejabat utama, pengurus Bhayangkari dan personel Polda Sulteng.

Kabid Humas Polda Sulteng, Kombes Polisi Djoko Wienartono mengungkapkan, upacara Wisuda Purna Bakti merupakan wujud apresiasi dari kesatuan Polri terhadap anggota yang memasuki masa purna tugas.

Dia menuturkan, upacara ini menunjukkan penghormatan dan rasa kecintaan segenap personel Polri terhadap anggota yang memasuki masa pensiun atas pengabdian selama bertugas.

“Polri dari rakyat, bekerja untuk rakyat dan saatnya kita purna tugas juga akan kembali ke masyarakat. Oleh karenanya diharapkan untuk tetap menjaga silaturahmi dan komunikasi dengan Polda Sulteng,” kata Djoko Wienartono.

Menurutnya, purnawirawan bukan menjadi dinding pemisah. Tetapi sebaliknya kata dia, hubungan para purnawirawan dengan personel Polri yang masih aktif harus tetap terjalin dengan baik untuk mewujudkan kamtibmas.

Dia menjelaskan, pedang pora merupakan tradisi yang terus dijaga Polda Sulteng sebagai bentuk penghormatan terhadap seseorang yang telah berjasa.

“Selamat jalan, selamat memasuki masa purna bakti. Terima kasih atas dedikasi dan pengabdian yang diberikan untuk Polri, masyarakat, bangsa dan negara. Kami siap melanjutkan perjuangan yang telah kalian lakukan,” pungkasnya.

Diringi alunan musik dan puisi, para wisudawan didampingi istri melangkah pasti diantara gerbang pora, perlahan meninggalkan Polda Sulteng untuk kembali kepada masyarakat, menikmati masa purna bakti menuju gerbang bertuliskan “Selamat Memasuki Masa Purna Bakti”. HAL

Komentar