Wagub Sulteng Tinjau Beberapa Lokasi Saat Kunker di Banggai

-Banggai, Utama-
oleh

BANGGAI– Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Tengah (Sulteng), Ma’mun Amir didampingi Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Farid R Yotolembah serta para pejabat teknis terkait melakukan peninjauan lapangan ke beberapa lokasi di Kabupaten Banggai pada Rabu (3/7/2024).

Peninjauan itu diawali dengan pemeriksaan pembangunan bronjong aliran sungai di Desa Babang Bayongge, Kecamatan Kintom Luwuk, yang telah selesai pembangunan di tahun 2023.

Peninjauan wagub di lokasi ini turut didampingi oleh Kabid Pengendalian Sungai Pantai Cikasda Sulteng, Djaenudin dan Sekretaris Desa Babang Bayongge.

Beberapa warga turut bergabung dengan menyampaikan beberapa aspirasinya.

“Sebaiknya kita tidak menganggap remeh pengambilan batu-batu dan pasir di sungai tanpa izin. Semua itu ada undang-undang yang mengatur. Kalau kita mengizinkan tanpa ada izin yang jelas, yang merugi adalah warga karena sungai meluap sampai masuk ke rumah,” ujar wagub.

Beberapa aspirasi yang disampaikan warga didengarkan langsung oleh wagub.

Salah satu permintaan bantuan oleh warga kepada wagub langsung diarahkan kepada Dinas Perkimtan untuk ditinjau dan ditindaklanjuti sebagaimana sesuai dengan ketentuan.

Wagub juga menegaskan bahwa di Sulteng sudah tidak ada lagi desa tertinggal.

Selanjutnya, wagub beserta rombongan melanjutkan kunjungan ke SMAN 2 Luwuk dan disambut dengan tarian oleh siswi.

Kunjungan  ini disambut dengan antusias oleh siswa-siswa, guru dan beberapa kepala sekolah yang hadir. Wagub membuka kegiatan dengan melakukan diskusi bersama beberapa kepala SMA dan SMK, siswa dan guru-guru di Aula SMAN 2 Luwuk.

Beberapa topik diskusi terkait pembahasan bantuan pendidikan, zonasi dan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

“Saya minta pengabdian menjadi prioritas, tanamkan kepercayaan diri anak-anak, terutama kejujuran dan pergaulan. Kalau butuh bantuan untuk kepentingan anak murid, jangan segan-segan untuk minta bantuan kepada bupati,” ujar wagub.

Wagub berharap agar sekolah terus berupaya meningkat lebih baik, terkhusus SMK, fokuskan pada Praktik Kerja Lapangan (PKL).

Upaya kerjasama dilakukan bersama Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi dalam menyediakan lowongan kerja, sehingga sekolah fokus mempersiapkan murid agar siap dan mampu menghadapi dunia kerja.

Menurutnya, semakin meningkat pertumbuhan dan investasi, akan semakin meningkat pula kesediaan lapangan kerja.

Dalam kesempatan itu, dilakukan penyerahan secara simbolis bantuan pengadaan dan pemasangan instalasi listrik dan KWH untuk masyarakat tidak mampu.

Selain itu juga ada penyerahan bantuan pengadaan dan pemasangan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) sebanyak 36 unit, dan penyerahan bantuan perkebunan dan peternakan Tahun 2024 dari Pemerintahan Provinsi Sulteng kepada Pemerintah Kabupaten Banggai senilai Rp731.075.000.

Selanjutnya, wagub melanjutkan kunjungan ke SMKS Kesehatan Nusantara Luwuk Utara Banggai dan disambut oleh kepala sekolah Eta Four Yuana.

Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi bersama guru dan murid di Ruang Belajar Sekolah. HAL

Komentar