Peran Komunitas dan Tokoh Agama Penting Dalam Peningkatan Partisipasi Pemilih di Sulteng

-Tak Berkategori-
oleh

PALU– Pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) menggelar Sosialisasi Pendidikan Pemilih menjelang pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak tahun 2024 di sebuah hotel Jalan Mohammad Hatta, Kota Palu, Selasa (30/7/2024).

Sosialisasi bertema “Peran Pemilih pada Segmen Komunitas dan Keagamaan dalam Meningkatkan Partisipasi pada Pilkada Serentak Tahun 2024 itu diikuti puluhan komunitas di Kota Palu.

Ketua KPU Sulteng, Risvirenol yang membuka kegiatan tersebut menekankan pentingnya peran tokoh agama dan komunitas dalam menyampaikan informasi terkait pilkada kepada masyarakat.

“Anda semua adalah sosok yang sangat dipercaya di komunitas masing-masing, bisa menyebarluaskan informasi terkait pilkada ini,” ujarnya.

Dia menyoroti rendahnya partisipasi masyarakat dalam pilkada serentak sebelumnya, dimana hanya sekitar 70%. “Kita ingin angka ini meningkat,” tuturnya.

Dalam sosialisasi itu, peserta diajak memahami tahapan-tahapan pilkada secara detail, mulai dari pendaftaran pasangan calon hingga hari pemungutan suara 27 November 2024.

Harapannya, dengan pemahaman yang baik, mereka dapat menyampaikan informasi benar dan akurat kepada masyarakat.

Menurutnya, tokoh agama dan komunitas memiliki pengaruh yang sangat besar dalam masyarakat. Pesan-pesan mereka seringkali menjadi acuan dalam pengambilan keputusan.

Dengan melibatkan mereka dalam proses sosialisasi, diharapkan partisipasi masyarakat dalam pilkada dapat meningkat secara signifikan.

Dalam sosialisasi itu juga menghadirkan narasumber dari KPU Sulteng dan Akademisi Sahran Raden dengan materi peran pemilih pada segmen komunitas dan tokoh agama dalam peningkatan partisipasi pada pilkada serentak tahun 2024. CAL

Komentar