Gubernur Rusdy: Sulteng Alamnya Indah dan Banyak Misteri

-Tojo Unauna, Utama-
oleh

TOUNA– Aksi Peduli Sungai di Pemandian Malotong Ampana, Kabupaten Tojo Unauna (Touna) dalam rangka peringatan Hari Sungai Nasional 2024 diapresiasi Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), Rusdy Mastura.

Sebelum melanjutkan kunjungan ke Tentena Kabupaten Poso, gubernur dan rombongan singgah menikmati keindahan alam di Pemandian Malotong, Kamis (1/8/2024).

Kedatangan gubernur, ketua tim penggerak PKK dan rombongan disambut dengan pengalungan oleh muda-mudi berpakaian adat dan pelajar SD di pintu masuk pemandian Malotong.

Dalam sambutannya, gubernur mengajak peserta aksi peduli sungai untuk menjaga kelestarian sungai sebagai sumber air permukaan yang utama.

“Mari jaga air, jaga Malotong, sungainya indah dan jadi andalan (pariwisata) kita,” pesan gubernur agar terus menjaga kelestarian alam dan ekosistem.

Gubernur mengatakan, selain mempunyai bentang alam yang indah, Sulteng juga memiliki banyak misteri belum terpecahkan.

Contohnya peninggalan megalitikum di lembah Bada, Napu dan Besoa yang menjadi simbol kemajuan peradaban masa lampau berusia 3.000 tahun sebelum Masehi.

Jejak penyebaran Islam tertua di Nusantara yang dibawa oleh Imam Syaban di Banggai Kepulauan sekitar abad ke 8 Masehi.

Sementara itu, Pulau Walea di Touna kata gubernur, memiliki korespondensi dengan lahirnya teori Darwin abad ke 19.

“Kira-kira ini yang perlu (dilakukan) penelitian dan InsyaAllah 2025 kita anggarkan untuk itu,” tutur gubernur untuk melakukan riset tentang Megalit, jejak Imam Syaban dan lainnya.

Dengan peningkatan pendapatan asli daerah atau PAD sampai Rp2,184 triliun (Juni 2024) dalam tempo tiga tahun kepemimpinan bersama Wakil Gubernur Ma’mun Amir maka gubernur berharap perangkat daerah kreatif dan inovatif dalam mencetuskan program-program visioner untuk optimalisasi pembangunan Negeri Seribu Megalit.

“Banyak yang harus diangkat dari Sulawesi Tengah, bukan hanya (pertumbuhan) ekonominya, tapi bidang lain, misalnya Tojo Una-Una sebagai prioritas pariwisata Sulawesi Tengah,” katanya.

Di kesempatan itu, Gubernur Rusdy Mastura dan Ketua Tim Penggerak PKK Vera Rompas melakukan penanaman pohon sebagai bagian dari aksi peduli sungai.

Selanjutnya dilakukan kegiatan bersih sungai oleh peserta kegiatan yang terdiri dari perangkat daerah, pelajar, mahasiswa, komunitas pecinta alam dan masyarakat. LAH

Komentar