Perkuat Operasi SAR, KPP Palu dan Dua Instansi Terkait Teken LOCA

-Kota Palu, Utama-
oleh

PALU– Pihak Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) atau Basarnas Palu, Sulawesi Tengah menggelar penandatanganan Letter of Operational Coordination Agreement (LOCA) bersama dua instansi terkait yakni Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia Cabang Palu dan Stasiun Meteorologi Kelas II Mutiara SIS Aljufri Palu, di kantornya, Jalan Elang, Senin (12/8/2024).

Penandatanganan LOCA itu dilakukan Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Palu, Andrias Hendrik Johannes, Ketua Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia Cabang Palu Goan Hendra M Pangaribuan, serta Kepala Stasiun Meteorologi Kelas II Mutiara SIS Aljufri Palu, Nuralim.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan, Andrias Hendrik Johannes mengatakan, penandatanganan LOCA itu diharapkan dapat memperkuat dalam pelayanan jasa serta penyelenggaraan operasi pencarian dan pertolongan.

Kegiatan ini kata dia, juga dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam pelayanan operasi SAR di wilayahnya.

Melalui perjanjian kerjasama ini, pihak Kantor Pencarian dan Pertolongan Palu berharap dapat memperkuat mekanisme pertukaran informasi serta data yang sangat diperlukan.

“Tidak hanya untuk keperluan pencarian dan pertolongan, tetapi juga untuk menghadapi berbagai tantangan yang mungkin akan timbul akibat perubahan cuaca, kondisi geografis maupun penerbangan di wilayah Sulteng,” katanya.

Andrias Hendrik menuturkan, kerjasama ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi berbagai keadaan darurat.

“Semoga dengan adanya perjanjian kerjasama ini kita dapat lebih siap dan tanggap memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, khususnya dalam situasi kritis yang memerlukan tindakan cepat serta tepat,” tuturnya.

Ketua Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia Cabang Palu Goan Hendra M Pangaribuan berharap, dari perjanjian kerjasama ini diharapkan akan meminimalisir kejadian yang ada di daerah Sulteng, khususnya di Kota Palu.

“Kalaupun ada kecelakaan mungkin dampaknya tidak terlalu besar,” katanya.

Sementara Kepala Stasiun Meteorologi Kelas II Mutiara SIS Aljufri Palu, Nuralim berharap dari perjanjian kerjasama ini sinergitas dan koordinasi antar pihak terkait bisa cepat serta tepat sasaran.

Dia menuturkan, jika terjadi kecelakaan di laut, udara dan darat, maka BMKG akan merespon cepat untuk memberikan prediksi cuaca saat terjadi, evakuasi dan akan melaksanakan pencarian atau evakuasi itu sendiri.

“Jadi BMKG ini sendiri akan terus bersinergi, berkoordinasi dalam pendampingan. Sejauh ini koordinasi antarpihak terkait akurat dan berjalan lancar,” katanya.

Penandatanganan LOCA ini disaksikan oleh Kepala Biro Hukum dan Kerjasama Basarnas, Didi Hamzar melalui zoom meeting. CAL

Komentar