Tim Bank Pembangunan Jerman Tinjau Proses Pengolahan Sampah di Palu

-Kota Palu, Utama-
oleh

PALU– Sekretaris Kota (Sekkot) Palu, Irmayanti Pettalolo mewakili walikota mendampingi Tim dari Bank Pembangunan Jerman (KfW) melakukan kunjungan ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kawatuna, Senin (19/8/2024).

Kegiatan yang juga dihadiri Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Palu, Moh Arif tersebut merupakan monitoring akhir pihak KfW ke TPA Kawatuna, berkaitan dengan bantuan yang diberikan melalui Proyek PETRA UNDP.

Dalam kesempatan tersebut, Sekkot Irmayanti didampingi pejabat lainnya bersama Tim KfW meninjau langsung proses pengolahan sampah di Material Recovery Facility (MRF) atau Fasilitas Pemulihan Material, yang merupakan bagian penting dari proyek PETRA didanai oleh KfW melalui UNDP.

Fasilitas ini dilengkapi dengan mesin pengolah sampah yang telah membantu meningkatkan efisiensi dalam daur ulang dan pemulihan material.

Selain itu, Tim KfW juga berkeliling meninjau Cell 3 dan fasilitas LTP, yang berfungsi untuk pengolahan limbah cair dari TPA.

Kemudian, mereka berkunjung ke rumah singgah pemulung yang telah direnovasi melalui proyek PETRA.

Dalam kunjungan itu, tim berdialog langsung dengan para pemulung yang menempati rumah singgah tersebut, mendengarkan pengalaman dan masukan mereka terkait dampak positif dari fasilitas yang telah diperbaiki.

Kunjungan ini menandai akhir dari proses monitoring oleh KfW, bertujuan untuk memastikan bahwa bantuan yang diberikan melalui proyek PETRA telah dimanfaatkan secara maksimal dan memberikan dampak positif bagi pengelolaan sampah di Kota Palu. LAH

Komentar