Statistik adalah Kunci Dalam Perencanaan dan Evaluasi Program Pembangunan di Palu

-Kota Palu, Utama-
oleh

PALU– Sekretaris Kota (Sekkot) Palu, Irmayanti Pettalolo mewakili walikota secara resmi membuka kegiatan Fokus Group Discussion (FGD) Kelurahan Cinta Statistik dan Penyusunan Kecamatan dalam Angka, Selasa (20/8/2024).

Kegiatan yang berlangsung di Aula Rapat Kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Palu diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) bersama BPS.

Sekkot Irmayanti yang membacakan sambutan tertulis walikota menyampaikan, kegiatan tersebut sebagai upaya yang sangat penting dalam mendukung tercapainya tujuan pembangunan di Kota Palu.

Menurutnya, statistik memegang peranan kunci dalam perencanaan dan evaluasi program-program pembangunan.

Olehnya, data yang akurat dan terpercaya sangat diperlukan untuk membuat kebijakan yang tepat sasaran.

Program Kelurahan Cinta Statistik ini kata dia, adalah salah satu inovasi yang sangat penting dalam membangun kesadaran masyarakat, terutama di tingkat kelurahan, akan pentingnya data statistik valid.

Dengan adanya program ini, diharapkan setiap kelurahan dapat lebih aktif dalam mengumpulkan dan melaporkan data akurat, yang nantinya menjadi bahan utama dalam Penyusunan Kecamatan dalam Angka.

“Data yang kita kumpulkan dan analisis ini bukan hanya untuk kepentingan pemerintah, tetapi juga untuk masyarakat luas, karena kebijakan yang dihasilkan dari data tersebut akan berdampak langsung pada kehidupan masyarakat,” ujarnya.

Dia berharap para operator yang menjadi peserta, dapat mengikuti FGD Kelurahan Cinta Statistik dan Penyusunan Kecamatan dalam Angka secara serius.

Kemudian memastikan setelah dilaksanakannya kegiatan ini, para operator menindaklanjuti dengan pengisian data-data yang sudah disiapkan. “Jadi kami berharap peserta yang dikirim ke kegiatan ini adalah orang-orang yang mampu menindaklanjuti setiap pertemuan atau pelatihan yang dilakukan,” katanya. LAH

Komentar