Gelar PKM di Desa Pangi, Universitas Madako Tolitoli Serahkan Hibah Mesin dan Website

-Tolitoli, Utama-
oleh

TOLITOLI– Tim Dosen Universitas Madako Tolitoli, Sulawesi Tengah yang diketuai Andhy Saputra melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Desa Pangi.

Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Madako Tolitoli, Andhy Saputra kepada jurnalis media ini, Sabtu (31/8/2024) mengatakan, kegiatan ini merupakan keberlanjutan dari pelaksanaan Program Hibah PKM Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Tahun Anggaran 2024 yang diterima oleh kampusnya.

Dia mengatakan, pada kegiatan itu dilaksanakan penyerahan secara langsung hibah mesin giling serbaguna beserta alat pengemasan kepada BUMDes dan Pemerintah Desa Pangi.

Bantuan itu diserahkan oleh Ketua Tim Pelaksana Andhy Saputra kepada Kepala Desa Pangi, Nahrullah disaksikan Ketua HIPKA Kabupaten Tolitoli, aparat desa dan seluruh peserta kegiatan, termasuk Trisna, Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Madako Tolitoli serta Muhammad Irvan dari STIE Mujahidin Tolitoli.

Andhy Saputra mengatakan, kegiatan Hibah PKM ini merupakan skema pemberdayaan berbasis masyarakat dengan judul proposal kegiatan yaitu “Penerapan Website Sistem Informasi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Gula Merah Berbasis BUMDes di Desa Pangi Kabupaten Tolitoli”. Dalam rangkaian Hibah PKM di Desa Pangi ini dilaksanakan dua kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat desa.

Kegiatan pertama dilaksanakan pada Kamis (29/8/2024) lalu yaitu kegiatan Seminar Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat di Aula Kantor Desa Pangi Tolitoli.

Dalam kegiatan itu hadir sebagai narasumber Ketua Himpunan Pengusaha KAHMI (HIPKA) Kabupaten Tolitoli, Sulaeman Padjalani.

Dalam penyampaian materinya, dia mengajak masyarakat desa beserta BUMDes dan aparat Desa Pangi untuk memanfaatkan potensi pasar yang terbuka luas melalui jalur perdagangan Tolitoli ke Tarakan dan sekitarnya.

Petani dan pengusaha UMKM tidak lagi perlu memikirkan bagaimana dan kemana hasil panen ataupun produknya akan dijual karena BUMDes dapat mengambil peran sebagai penyalur produk desa ke pasar atau pembeli di wilayah Tarakan dan sekitarnya.

Selain alat produktif tersebut, dalam kegiatan ini juga turut diserahkan Hibah Website kepada Desa Pangi yang mana website dengan domain pangidigital.com dibangun untuk dapat digunakan pemerintah desa sebagai website resmi Desa Pangi.

Ketua tim pelaksana menyampaikan, website tersebut telah dilengkapi dengan menu Toko BUMDes yang dapat menampilkan produk-produk unggulan Desa Pangi seperti gula merah, dan produk lainnya yang dapat disesuaikan oleh kebutuhannya dengan harapan agar produk dari Desa Pangi dapat dijangkau khalayak luas melalui website tersebut.

Program Hibah PKM ini kemudian dilanjutkan pada pelaksanaan kegiatan kedua yaitu Pelatihan Penggunaan dan Pengelolaan Website yang dilaksanakan pada Jumat (30/8/2024).

Setelah menyerahkan website tim pelaksana kemudian melakukan pendampingan kepada aparat desa dan unsur terkait termasuk Pengurus BUMDes Bunga Cengkeh Desa Pangi untuk dapat menggunakan dan mengelola website tersebut.

Kepala Desa Pangi dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada pihak Universitas Madako Tolitoli yang telah memilih desanya sebagai lokasi pelaksanaan kegiatan.

Dia merasa sangat terbantu dengan adanya hibah alat dan website yang memang dibutuhkan oleh mereka.

Ucapan terima kasih pula disampaikan kepada DRTPM Kemdikbudristek atas program Hibah Penelitian dan PKM yang mampu menyentuh masyarakat desa sesuai dengan kebutuhan dengan melibatkan hubungan kemitraan desa bersama akademisi. CAL

Komentar