85 Anggota DPRD Terpilih Asal Donggala, Morowali dan Morut Ikut Orientasi di Palu

-Kota Palu, Utama-
oleh

PALU– Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), Rusdy Mastura membuka kegiatan orientasi bagi 85 anggota DPRD terpilih hasil Pemilu 2024 dari Kabupaten Donggala, Morowali, dan Morowali Utara (Morut) di Aula Sinergitas Kantor Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Sulteng, Rabu (4/9).

Dalam sambutannya, Gubernur Rusdy mengucapkan selamat dan apresiasi kepada seluruh anggota legislatif yang baru terpilih, sekaligus dia memberikan arahan penting terkait tugas dan tanggung jawab sebagai wakil rakyat.

“Selamat adik-adik yang sudah terpilih, semoga bisa membawa Sulawesi Tengah lebih maju dan sejahtera,” ucap gubernur yang juga mantan Ketua DPRD Kota Palu.

Gubernur berpesan supaya anggota legislatif membangun kerjasama yang baik dengan eksekutif dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan di daerahnya masing-masing.

Komunikasi yang baik juga ditekankan gubernur supaya setiap aspirasi dari rakyat selalu didengar dan diperjuangkan.

Dia juga menambahkan pentingnya upaya bersama dalam meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) guna mengurangi ketergantungan daerah terhadap dana transfer dari pusat.

Misalnya dia telah mengoptimalkan sumber pendapatan provinsi dari pajak kendaraan dan air permukaan yang dalam jangka waktu tiga tahun terakhir, sukses mengatrol PAD Sulteng dari hanya Rp900 miliar (2021) kini mencapai Rp2,2 triliun (2024).

“Kita harus berpikir bagaimana meningkatkan PAD supaya jangan hanya mengandalkan dana transfer dari pusat,” tegasnya supaya ada kolaborasi dan inovasi dalam menggali potensi-potensi fiskal di kabupaten.

Olehnya lewat orientasi ini gubernur berharap menjadi momentum belajar bagi para anggota DPRD terpilih supaya mereka paham dengan tugasnya dan melaksanakannya dengan amanah.

Acara ini turut dihadiri Karo Hukum Adiman, Pelaksana Tugas Kepala Badan BPSDM Sulteng Moh Yasin Baculu, para sekretaris DPRD Donggala, Morowali dan Morut serta Widyaiswara. LAH

Komentar