29 Bintara Polda Sulteng Lulus Terpilih PAG Tahun 2024

-Kota Palu, Utama-
oleh

PALU– Kapolda Sulawesi Tengah (Sulteng), Irjen Polisi Agus Nugroho diwakili Kepala Biro (Karo) Sumber Daya Manusia (SDM) Kombes Polisi Heru Budi Prasetyo menghadiri sekaligus memimpin Sidang Kelulusan Akhir Tingkat Panda Seleksi Pendidikan Alih Golongan (PAG) dari bintara ke perwira Polri Tahun Anggaran 2024, Jumat (13/9) pagi di Rupatama.

Acara yang dihadiri sejumlah pejabat utama Polda Sulteng itu juga dihadiri para calon seleksi PAG sebanyak 50 personel.

Karo SDM mengatakan, seleksi ini merupakan bagian dari pengembangan karier untuk membangun SDM Polri yang berkualitas, unggul dan kompetitif dalam rangka mewujudkan Polri profesional, modern, terpercaya sebagai pemelihara kamtibmas, penegak hukum serta pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

“Oleh karenanya setiap calon peserta didik dituntut memiliki kualitas atau standar yang dipersyaratkan, baik menyangkut aspek etika kepribadian, inteligensia, psikologis, kesehatan maupun aspek jasmani,” tuturnya.

Dia menyampaikan, proses seleksi ini diawali dengan pendaftaran secara online yang dimulai dari 2 hingga 11 Agustus 2024.

“Adapun jumlah pendaftar PAG yang terverifikasi sebanyak 91 orang, terdiri dari 90 polisi laki-laki dan satu polisi wanita,” ungkapnya.

Setelah melalui tahapan seleksi, peserta seleksi PAG yang hadir saat ini untuk mengikuti sidang akhir kelulusan tingkat panitia daerah sebanyak 50 personel.

Dari 50 personel polisi laki-laki yang memenuhi syarat untuk mengikuti pendidikan PAG yakni sebanyak 29 personel, diantaranya dua personel penghargaan dari kapolda, 12 kuota mabes, 15 personel kuota regular.

Dia berpesan, bagi personel dinyatakan lulus terpilih agar tidak larut dalam kegembiraan karena masih ada tahapan pemeriksaan kesehatan seleksi tingkat pusat yang harus dilaksanakan.

Sedangkan kepada peserta seleksi, yang dinyatakan lulus tidak terpilih kata dia, agar tidak kecewa dan berkecil hati karena masih ada seleksi PAG di tahun berikutnya.

“Apa yang menjadi kekurangan di tahun ini dievaluasi segera lakukan perbaikan, sehingga di tahun depan saudara-saudara belum lulus terpilih, dapat menjadi salah satu peserta lulus terpilih,” pungkasnya.

Rencananya, bagi yang dinyatakan lulus terpilih diberangkatkan pada 4 Oktober 2024. Untuk pendidikannya dibuka secara resmi pada 8 Oktober 2024 di Setukpa Lemdiklat Polri, dengan lama pendidikan selama sebulan. CAL

Komentar