PON XXI Aceh-Sumut, Azzahra Persembahkan Medali Emas Pertama untuk Sulteng

-Olahraga, Utama-
oleh

MEDAN– Kontingen Sulawesi Tengah (Sulteng) akhirnya memecah kebuntuan di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera dengan perolehan medali emas pertama.

Perenang muda berbakat dan atlet Olimpiade, Azzahra Permatahani menjadi bintang yang membawa emas tersebut dari cabang olahraga (cabor) renang pada nomor 400 meter gaya ganti putri.

Final yang digelar di Kolam Renang Selayang, Medan, pada Ahad (15/9/2024), berlangsung sengit.

Azzahra tampil luar biasa, memimpin sejak awal dan menyelesaikan lomba dengan waktu 4 menit 55,50 detik. Ia unggul jauh dari pesaing terdekatnya, perenang Jawa Timur, Ressa Kania Dewi, yang mencatat waktu 5 menit 04,30 detik dan harus puas dengan medali perak. Sementara itu, perunggu jatuh ke tangan Elisa Chloe dari DKI Jakarta yang finis dengan waktu 5 menit 08,30 detik.

Keberhasilan Azzahra sontak membuat Ketua Kontingen Sulteng, Brigjen TNI Dody Triwinarto, yang terus mendampingi para atlet, tersenyum puas.

Dia cuma berujar singkat; “Alhamdulillah,” sesaat dinyatakan bahwa Azzahra meraih tempat pertama.

Turut hadir menyaksikan langsung momen bersejarah tersebut adalah Ketua TP-PKK Sulteng, Vera Rompas  yang kemudian menyerahkan medali emas kepada Azzahra bersama Brigjen Dody.

“Ini emas yang sangat berarti. Saya sangat bersyukur dan bangga bisa mempersembahkan yang terbaik untuk Sulawesi Tengah,” ujar Azzahra dengan mata berbinar usai perlombaan.

“Ini adalah hasil dari kerja keras tim, pelatih, dukungan keluarga, dan doa masyarakat Sulteng,” tambahnya.

Gubernur Sulteng juga ikut merayakan kemenangan ini. Dalam panggilan video dengan Brigjen Dody, dia mengucapkan selamat kepada Azzahra atas pencapaian gemilang tersebut.

“Ini adalah kebanggaan besar bagi Sulawesi Tengah. Semoga prestasi ini memotivasi atlet lainnya untuk terus berjuang dan membawa lebih banyak medali untuk Sulteng. Maju terus, petarung! Pakaroso!,” serunya penuh semangat.

Dengan medali emas pertama di tangan, kontingen Sulteng kini semakin percaya diri untuk menambah pundi-pundi medali dari cabor lainnya yang masih dipertandingkan di ajang PON XXI ini. CAL

Komentar