Blusukan di Pasar Salakan, Ahmad Ali Belanja Masalah Perekonomian Warga

-Banggai Kepulauan, Utama-
oleh

BANGKEP– Bakal Calon Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), Ahmad Ali kembali turun ke lapangan dengan melakukan blusukan ke Pasar Salakan, Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep), Rabu (18/9/2024).

Kunjungan ini menjadi salah satu agenda penting Ahmad Ali untuk mendalami kondisi perekonomian daerah melalui interaksi langsung dengan masyarakat dan para pedagang.

Ahmad Ali menjelaskan bahwa kunjungannya ke pasar bukan sekadar seremonial atau pencitraan. Menurutnya, pasar tradisional merupakan barometer penting dalam menilai kondisi ekonomi suatu daerah.

“Saya di beberapa daerah yang saya datangi, jarang ke mal atau melakukan kunjungan-kunjungan formal. Saya lebih sering mendatangi pasar. Kenapa? Karena kalau kita ingin mengukur perekonomian masyarakat, jangan pernah tanya pejabat, tapi lihat pasarnya. Kalau pasarnya ramai, interaksi masyarakat bagus, perputaran uang berjalan, itu pertanda ekonomi tumbuh. Tapi kalau pasarnya lesu, sepi, berarti ada yang salah dalam pengelolaan perekonomian di daerah itu,” jelas Ahmad Ali.

Dalam blusukan ini, Ahmad Ali berdialog dengan pedagang mengenai kenaikan harga kebutuhan pokok dan infrastruktur pasar yang perlu pembenahan.

Dia menegaskan, kunjungannya bukan hanya untuk melihat, tetapi juga untuk belanja masalah yang kemudian akan menjadi masukan dalam visi dan misinya sebagai calon gubernur.

“Maka ke depan, apa yang sedang kita lakukan hari ini adalah pubaket (pengumpulan bahan keterangan), belanja masalah. Sehingga nanti, ketika kita terpilih, ini sudah menjadi bagian dari visi-misi yang tinggal kita implementasikan. Karena visi-misi hanya indah dalam tulisan, tapi kalau kita tidak turun langsung, kita tidak bisa mengaplikasikannya. Gagasan itu harus bisa langsung dirasakan oleh masyarakat,” tuturnya.

Ahmad Ali juga mengakui bahwa pendekatan ini mengingatkan dirinya pada gaya blusukan Presiden Jokowi, yang kerap turun langsung melihat kondisi masyarakat.

“Ternyata saya juga baru sadar bahwa selama ini Pak Jokowi melakukan itu untuk melihat kondisi langsung masyarakat,” ujarnya.

Blusukan Ahmad Ali ke Pasar Salakan disambut baik oleh warga dan para pedagang, yang berharap adanya perbaikan nyata dalam sektor perekonomian dan fasilitas pasar.

Dengan tagline Harapan Baru, Ahmad Ali dan pasangannya, Abdul Karim Aljufri, terus mendekatkan diri dengan masyarakat dalam rangka mewujudkan perubahan yang lebih baik bagi Sulawesi Tengah. LAH

Komentar