Peringati Hari Maritim Nasional, 1.500 Bibit Mangrove Ditanam di Pantai Baiya Palu

-Kota Palu, Utama-
oleh

PALU– Walikota Palu diwakili Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Presly Tampubolon menghadiri acara penanaman 1.500 bibit Mangrove di Pantai Kelurahan Baiya, Senin (23/9/2024).

Kegiatan ini merupakan bagian dari Serbuan Teritorial TNI dalam rangka pembinaan potensi maritim untuk memperingati Hari Maritim Nasional dan HUT ke 79 TNI.

Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Palu, Marthinus Sir, menyampaikan, kegiatan penanaman Mangrove ini adalah salah satu wujud kontribusi TNI dalam membantu pemerintah daerah untuk upaya mitigasi perubahan iklim serta perlindungan ekosistem pesisir.

“Dipilihnya Kelurahan Baiya sebagai lokasi penanaman karena daerah ini merupakan kampung maritim dengan garis pantai yang panjang. Penanaman ini juga bagian dari pemberdayaan masyarakat pesisir,” jelas Marthinus Sir.

Selain penanaman Mangrove, acara ini juga dirangkaikan dengan penyerahan sejumlah paket sembako kepada masyarakat setempat sebagai bentuk dukungan terhadap kesejahteraan warga pesisir.

Penanaman Mangrove di wilayah pesisir Baiya diharapkan dapat memberikan manfaat jangka panjang, termasuk mencegah abrasi, menjaga kelestarian lingkungan, serta memperkuat ekosistem pesisir dalam menghadapi dampak perubahan iklim. LAH

Komentar