Aksi Sosial, Persit KCK Korem Tadulako Kumpulkan 149 Kantong Darah

photo6105111843522586596
KOMANDAN Korem 132/Tadulako Kolonel Inf Agus Subiyanto (berdiri pegang tongkat komando) menyaksikan aksi donor darah di halaman depan Rumkitban Wirabuana Jalan Sisingamangaraja, Kota Palu, Kamis (1/3/2018). FOTO: PENREM

SultengTerkini.Com, PALU– Setiap tetes darah yang disumbangkan tidak hanya memberikan manfaat bagi yang menerima donor, tetapi juga bermanfaat buat kesehatan pendonor darah.

Karena saat melakukan donor darah, maka tubuh pendonor akan bereaksi langsung dengan membuat penggantinya memproduksi darah-darah baru.

Demikian pesan singkat Ketua Persit KCK (Kartika Chandra Kirana) Koorcab Korem 132 PD XIII/Merdeka yang juga Ketua Dharma Pertiwi Evi Agus Subiyanto saat diwawancara di sela-sela kegiatan donor darah dalam rangka memperingati HUT Persit KCK ke 72 tahun 2018 dan HUT Dharma Pertiwi ke 54 tahun 2018 yang dilaksanakan di halaman depan Rumkitban Wirabuana Jalan Sisingamangaraja, Kota Palu, Kamis (1/3/2018).

Kegiatan donor darah itu, pengurus Persit KCK Koorcabrem 132 bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Palu dan Rumkitban Wirabuana Palu yang diikuti oleh 150 orang yang terdiri dari Persit KCK Koorcabrem 132, para prajurit dan PNS Korem 132 beserta jajarannya, anggota FKPPI wilayah Provinsi Sulteng dan warga setempat.

Pelaksanaan donor darah ini diselenggarakan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia, Hal ini sesuai dengan instruksi Ketua Umum Persit KCK Sita Mulyono.

Di tempat yang sama, Komandan Korem (Danrem) 132/Tadulako Kolonel Inf Agus Subiyanto selaku Pembina Utama Persit KCK Koorcabrem 132 PD XIII/Merdeka mengatakan, hal Ini merupakan salah satu bentuk kepedulian dari anggota Persit, terhadap sesama manusia yang sangat membutuhkannya.

Menurutnya, berbuat baik kepada sesama adalah amanah dari Tuhan dan berbuat baik itu tidak dibatasi oleh kemampuan materi saja, tetapi segala sesuatu yang ada dalam diri sesungguhnya memiliki nilai potensi untuk kebaikan termasuk menyumbangkan darah secara sukarela, seperti yang dilaksanakan sekarang ini.

“Untuk itu, sekecil apapun nilai kebaikan yang kita berikan, namun yang lebih penting ini merupakan penyambung tali silaturahmi diantara kita, sehingga terbentuk hubungan persaudaraan yang baik serta memperkuat rasa persatuan dan kesatuan,” pungkas orang pertama di Korem 132/Tadulako itu.

Adapun darah yang berhasil dikumpulkan dalam aksi sosial itu berdasarkan data sebanyak 149 kantong darah, dengan rincian dari TNI/PNS 98 kantong darah, Persit 26 kantong, dan FKPPI 25 kantong.

Darah yang terkumpul ini nantinya disumbangkan kepada masyarakat yang membutuhkan. Menyumbangkan darah berarti telah menyelamatkan nyawa orang lain, karena setetes darah yang disumbangkan sangat berarti bagi keselamatan jiwa seseorang. CAL

Komentar