PT SJA II Poso Bantu Pipa Irigasi Sawah Warga

SEJUMLAH pipa bantuan dari PT Sawit Jaya Abadi II siap disalurkan kepada warga di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. FOTO: FAIZ

SultengTerkini.Com, POSO– Sebagai perusahaan besar yang beroperasi di wilayah Kecamatan Pamona Timur, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, PT Sawit Jaya Abadi (SJA) II telah berkomitmen untuk ikut terlibat dalam membantu kepentingan masyarakat sekitar.
Kalau beberapa waktu lalu aktivitas sosial berupa membantu masyarakat di bidang pendidikan serta membangun rumah layak huni bagi satu keluarga penderita lumpuh layu, kembali PT SJA II berpartisipasi membantu masyarakat dalam rangka pengadaan pipa untuk pengairan areal sawah milik warga yang berada di tiga desa.
CDO PT SJA II Ofier Paat kepada SultengTerkini.Com, Senin (17/4/2017) mengatakan, selama ini warga yang berada di tiga desa yakni, Desa Taripa, Desa Tiu, serta Desa Petiro mengalirkan air ke areal persawahan yang seluas 30 hektare hanya dengan mengandalkan kayu papan yang dilapisi terpal plastik yang airnya mengalir pada media tersebut.
Sayangnya kata Ofier, media atau sarana yang ada tidak maksimal untuk mengalirkan air di seluruh areal persawahan milik masyarakat karena mudah rusak.
Apalagi jika musim penghujan ternyata sarana yang tidak mampu menahan derasnya aliran air karena tingginya volume air kala itu.
Bahkan karena beban sangat besar mengakibatkan longsor yang berujung rusaknya sarana pengairan.
Olehnya, dengan sarana yang terbuat dari bantuan lima buah pipa berdiamenter 12 inci, kata Ofier, sistem pengairan tidak akan mengakibatkan longsor serta dapat memampung volume air yang besar, tidak mudah rusak serta dapat bertahan dalam waktu yang lama.
Menurut Ofier, untuk pipa sendiri memang murni dibiayai penuh oleh pihak perusahaan.
Dimana untuk harga satuan pipa sebesar Rp1,7 juta. “Karena ini menggunakan lima buah pipa, semuanya ditanggung oleh pihak perusahaan,” tutur Ofier. FAI

Komentar