Gempa 6,6 SR Guncang Poso, Tidak Berpotensi Tsunami

BMKG (twitter)

SultengTerkini.Com, POSO– Gempa bumi tektonik mengguncang wilayah Wuasa, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, Senin (29/5/2017) malam.

Kepala Stasiun Geofisika Klas I Palu Petrus Demon Sili mengatakan, hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi terjadi pada pukul 22:35:22 Wita dengan kekuatan 6.6 Skala Richter (SR) dengan episenter terletak pada koordinat 1.33 LS dan 120.41 BT pada kedalaman 10 kilometer.

Peta tingkat guncangan (shake map) BMKG menunjukkan bahwa dampak gempa bumi berupa guncangan kuat dirasakan di daerah Torue Kabupaten Parigi Moutong dan Poso, dalam skala intensitas II SIG BMKG atau (V MMI), Palu dan Sigi, dalam skala intensitas II SIG BMKG atau (III-IV MMI), Tolitoli, Pasang Kayu dan Tana Toraja, dalam skala intensitas II SIG BMKG atau (III MMI), Gorontalo, Boalemo dan Bone Bolango, dalam skala intensitas I SIG BMKG atau (II-III MMI), Palopo, Masamba dan Balikpapan, dalam skala intensitas I SIG BMKG atau (II MMI).

Di daerah ini guncangan gempa bumi dilaporkan dirasakan oleh banyak orang.

Terkait dengan peristiwa gempa bumi Wuasa Sulawesi Tengah yang baru saja terjadi, hingga laporan ini disusun pada pukul 23.05 Wita telah terjadi sekali aktivitas gempa bumi susulan.

Ia mengimbau agar warga tetap tenang, dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG.

Khusus warga di daerah pesisir juga diimbau agar tidak terpancing isu karena gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami.

Menurut Petrus, ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi ini merupakan  gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal. */CAL

Komentar