Pemprov Sulteng-Republik Seychelles Jalin Kerjasama Pariwisata

DUBES Republik Seychelles, Nico Barito (kedua dari kanan) saat menjelaskan kerjasama yang akan dilakukan dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah didampingi Asisten II, Bunga Elim Somba di Sekretariat TDCC, Ahad (13/8/2017). FOTO; HAFSAH

SultengTerkini.Com, PALU– Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah (Pemprov Sulteng) menjalin kerjasama dengan Republik Seychelles dalam hal pengembangan pariwisata dan budaya di daerah itu.

Asisten II Pemprov Sulteng Bunga Elim Somba menyatakan, bentuk kerjasama tersebut yakni, dengan mendatangkan para ahli pembangunan potensi wisata dari Republik Seychelles untuk melakukan riset atau penelitian di daerah itu.

“Dijadwalkan, para ahli dari berbagai negara itu nanti akan datang pada November 2017. Mereka yang berjumlah sekitar lima sampai 10 orang akan memakai biaya sendiri dan kami hanya menyediakan home stay di daerah penelitiannya,” ujar Elim Somba kepada wartawan usai menerima Dubes Republik Seychelles untuk ASEAN Nico Barito, di sekretariat Tour de Center Celebes (TDCC) Jalan Juanda, Kota Palu, Ahad (13/8/2017).

Para ahli tersebut kata Elim, akan mempelajari dan mencari wilayah di Sulteng yang bisa dijadikan sebagai wisata alam dan budaya, dengan menonjolkan kearifan lokal yang ada selanjuntya dikemas menjadi destinasi wisata dalam mendatangkan pemasukan tinggi.

Para ahli tersebut nantinya lanjut Elim, sekaligus akan membuat dokumentasi untuk mempromosikan potensi wisata di Sulteng sebagai objek yang ditelitinya.

Selain itu katanya, Dubes Seychelles juga akan menjadwalkan kedatangan para mahasiswa tingkat akhir dari universitas ternama di Amerika Serikat untuk melakukan studi di Sulteng.

Hal tersebut menurut Elim, akan berdampak positif untuk mengenalkan potensi yang dimiliki Sulteng.

Ia mengatakan, pertemuan dengan Nico Barito tersebut merupakan tindak lanjut dari kerjasama yang dilakukan Pemprov Sulteng dengan Republik Seychelles.

Sementara itu, Dubes Republik Seychelles Nico Barito menggambarkan bagaimana bangkitnya negaranya yang hanya berpenduduk 100 ribu jiwa menjadi daerah diminati dunia.

Bahkan menurut Nico Barito, Ratu Inggris, para artis dunia ternama hingga David Beckham pernah beristirahat di negara yang berada di Timur laut Madagaskar tersebut.

“Apa yang kami terapkan untuk membangun negara kami, juga akan diterapkan disini dalam membangun pariwisata, yakni membawa para ahli dunia untuk riset dan mengemas pariwisata disini, sehingga Sulteng makin terkanal,” tutur Nico Barito.

Pertemuan tersebut juga dihadiri, Kepala Dinas Penanaman Modal Pegelolaan Pelayanan Satu Pintu Sulteng, Sandra, Staf Ahli Pemprov Sulteng, Rosdie Riow, Kadis Perindag Sulteng, Arief Latjuba, Biro Ekonomi Sulteng, Biro Pemerintahan Sulteng, Biro Administrasi dan Sumber Daya Manusia Sulteng. SAH

Komentar