Sakit Gigi? Ini 10 Makanan yang Bisa Mengurangi Rasa Sakitnya

gigii
Foto: iStock

SultengTerkini.Com, JAKARTA– Rasa sakit menyengat saat sakit gigi membuat orang tak suka makan. Padahal asupan makanan tertentu justru bisa memperingan rasa sakit yang kuat pada gigi.
Sakit gigi sangat umum dialami yang dapat menyebabkan rasa sakit hingga demam. Bahkan bisa mengganggu kegiatan sehari-hari. Bahkan ada makanan tertentu yang tak boleh dikonsumsi karena bisa memperparah sakit gigi.

Maka sangat disarankan untuk memilih makanan yang mengandung vitamin C dan kalsium tingkat tinggi karena bermanfaat dalam mengurangi rasa sakit. Seperti yang direkomendasikan oleh dari Best Toothache Care (3/9), 10 makanan ini baik dikonsumsi untuk mengurangi rasa sakit.

1. Sup

Ketika sakit gigi, Anda tidak dianjurkan untuk mengunyah terlalu sering. Maka sup adalah makanan yang cocok karena tak perlu mengunyah terlalu banyak. Sup bisa dipilih dengan aneka isian yang lunak, seperti pasta, telur dan kaldu sup bernutrisi untuk memberi asupan sehat. Nikmati saat sup sudah hangat.

2. Yogurt

Makanan lain yang tidak perlu dikunyah atau digigit adalah yogurt. Yogurt juga sangat sehat dan cukup mengenyangkan. Anda bisa memadukan yogurt dengan buah yang tidak terlalu keras seperti blueberry atau pisang agar jadi makanan yang lebih bergizi.

3. Keju

Makanan lain yang bisa Anda makan ialah keju. Sebab keju tidak membutuhkan usaha keras untuk mengunyahnya. Keju penuh dengan kandungan protein, beragam vitamin dan cepat mengenyangkan.

4. Es krim

Es krim mungkin bisa jadi makanan terenak yang bisa dimakan ketika sakit gigi. Tidak masalah jika Anda makan es krim ketika sakit gigi, sebab es krim juga disarankan oleh beberapa dokter gigi untuk pasien yang abis menjalani operasi gigi. Karena ketika Anda pilek, akan meringankan rasa ngilu pada gigi dan ketidaknyamanan setelah operasi.

5. Kentang panggang

Kentang panggang juga bisa menjadi makanan enak yang bisa dinikmati. Dengan konsumsi kentang panggang, akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama karena kandungan karbohidratnya. Panggang kentang agak lama agar kentang memiliki tekstur yang empuk dan lembut sehingga tidak menyulitkan untuk dikunyah.

6. Cengkeh

Cengkeh dianggap sebagai makanan yang menenangkan yang dapat membantu meringankan sakit gigi karena mengandung banyak asam lemak omega-3, mangan, vitamin K dan C, kalsium, serat, dan magnesium.
Selain itu, cengkeh juga memiliki sifat anti-inflamasi yang telah digunakan untuk mengobati sakit gigi, kerusakan gigi, dan bahkan parasit usus.

7. Air lemon

Jeruk nipis atau lemon mengandung kadar asam sitrat yang sangat tinggi bersama dengan vitamin C. Asam ini ternyata efektif dalam membunuh berbagai jenis bakteri yang menyebabkan sakit gigi.
Vitamin C pada lemon juga membantu meningkatkan kesehatan gigi dan tubuh secara keseluruhan. Namun, hindari air lemon ini jika Anda memiliki luka di mulut Anda karena akan mengakibatkan perih.

8. Bawang

Bawang mentah tentu memiliki rasa yang sangat tidak enak, namun air bawang alami diketahui dapat membantu mengurangi rasa sakit. Potong sebutir bawang, kemudian letakkan di atas gigi yang bolong atau yang sakit, lalu gigit bawang tersebut agar jus bawang keluar.

9. Whiskey

Bagi orang yang suka minum minuman beralkohol, ini adalah solusi yang pas. Sebab whiskey dan minuman alkohol lainnya, cukup efektif untuk membersihkan gigi.
Jika Anda ingin menggunakan whiskey untuk menghilangkan rasa sakit akibat sakit gigi, maka yang perlu Anda lakukan adalah membilas mulut Anda atau berkumur-kumur dengan whiskey, dan pastikan terkena area gigi Anda yang sakit. Hal ini membantu mengurangi rasa sakit dan akan membersihkan rongga mulut secara bersamaan.

10. Ekstrak vanila

Meskipun paling dikenal sebagai bahan yang banyak digunakan dalam kue dan dessert, ekstrak vanila sebenarnya dapat membantu meringankan sakit gigi. Taruh beberapa tetes ekstrak vanila ke area gigi yang sakit.
(sumber: detik.com)

Komentar