Lima Desa di Sulteng Capai Herd Immunity Covid-19 Berkat Peran Alumni Akabri 1999

-Utama-
oleh

PALU– Para alumni Akabri Tahun 1999 yang bertugas di wilayah Polda Sulawesi Tengah (Sulteng) sukses menggelar vaksinasi massal Covid-19 dan sejumlah aksi sosial lainnya dalam rangkaian kegiatan Akabri 1999 Peduli.

Puncak kegiatan Akabri 1999 Peduli itu berlangsung di Mako Brimob, Depok pada Rabu (20/10/2021) dan di Polda Sulteng sendiri dilaksanakan di halaman markas Satuan Polair Polres Donggala.

“Kegiatan ini serentak di 34 provinsi, dimana dilaksanakan dari tanggal 9 hingga 20 Oktober 2021 hari ini,” kata Kabag Binkar Sumber Daya Manusia Polda Sulteng, AKBP Boy Samola kepada sejumlah jurnalis usai kegiatan di markas Satpolair Polres Donggala, Rabu (20/10/2021) siang.

Dia mengatakan, kegiatan diawali dengan vaksinasi Covid-19 secara gratis dengan total sebanyak 45.940 dosis satu, dua dan tiga.

Kemudian kegiatan bantuan sosial dengan pemberian paket sembako sebanyak 2.400, pembangunan dua unit rumah sederhana masing-masing satu di Kota Palu dan Kabupaten Banggai.

“Kegiatan lain yakni pengobatan gratis di Kabupaten Tolitoli, adapula renovasi masjid di MAN 1 Palu yang rusak akibat gempa tahun 2018 lalu,” kata Boy Samola yang didampingi para rekan alumni Akabri tahun 1999 itu.

Kemudian untuk capaian kegiatan utama berikutnya adalah menuju kampung herd immunity.

“Alhamdulillah di Sulteng kita bisa mencapai lima desa, empat di Donggala dan satunya lagi di Kabupaten Banggai. Jadi di desa itu 100 persen terlaksananya vaksinasi Covid-19 untuk dosis satu dan sebagian besarnya menuju dosis dua,” kata mantan Kapolres Gowa, Polda Sulawesi Selatan itu.

GUBERNUR Sulawesi Tengah (Sulteng), Rusdy Mastura dan Kapolda Sulteng, Irjen Polisi Rudy Sufahriadi menyerahkan bantuan kursi roda kepada warga pada puncak kegiatan Akabri 1999 Peduli di halaman markas Satpolair Polres Donggala, Rabu (20/10/2021). FOTO: ICHAL/SULTENGTERKINI.ID

Pada puncak acara hari ini kata dia, pihaknya membatasi jumlah dosis sebanyak 500 untuk menghindari terjadinya kerumunan.

Pihaknya sengaja memilih Kabupaten Donggala sebagai lokasi puncak acara Akabri 1999 Peduli di Sulteng karena empat dari lima desa yang wilayahnya sudah 100 persen vaksin Covid-19 itu berada di Donggala.

“Selain itu dari segi jarak dari Polda Sulteng, juga dekat dibandingkan dengan teman-teman dari Luwuk ataupun Tolitoli,” katanya.

Pada puncak acara itu, pihak Alumni Akabri 1999 menyiapkan door prize dengan hadiah utama sepeda motor bagi warga yang beruntung setelah mengikuti vaksinasi.

Hal itu dilakukan untuk menarik minat warga agar mau mengikuti vaksinasi Covid-19. Dimana capaian vaksinasi di Sulteng saat ini masih berkisar 37 persen. Olehnya kata dia, para alumni Akabri 1999 berupaya membantu pemerintah dalam menanggulangi penyebaran Covid-19.

Dalam puncak kegiatan Akabri 1999 Peduli itu turut dihadiri Gubernur Sulteng Rusdy Mastura, Kapolda Sulteng Irjen Polisi Rudy Sufahriadi, Wakapolda Sulteng Brigjen Polisi Hery Santoso dan para pejabat instansi terkait lainnya.

Untuk diketahui, di Sulteng sendiri ada empat alumni Akabri 1999 masing-masing AKBP Boy Samola (Kabag Binkar SDM), Yudie Sulistyo (Kapolres Donggala), Budi Batara (Kapolres Tolitoli), dan Satria Vibrianto (Kapolres Banggai).

Ditambah dua BKO di Kabupaten Poso yakni AKBP Bogiek Sugiyarto dan AKBP Kurniawan Tandi Rongre. CAL

Komentar

News Feed