Sulteng Tembus Final Kejurnas Panjat Tebing Junior di Aceh

-Olahraga, Utama-
oleh

ACEH– Moh Zevary Dziaul Safiq atau biasa disapa Eza, atlet dari Naroso Climbing Club binaan FPTI Kota Palu yang mewakili Sulawesi Tengah (Sulteng) memastikan diri melaju ke babak final pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Panjat Tebing Junior di Venue Sport Climbing, Kompleks Stadion Harapan Bangsa, Lhong Raya, Kota Banda Aceh, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

Manajer Tim Panjat Tebing Sulteng, Akbar mengatakan, Eza lolos pada kategori Lead Youth A Putra setelah mengalahkan lawan-lawannya yang merupakan atlet unggulan dan langganan juara dari beberapa provinsi seperti DKI Jakarta, Bali, dan Kalimantan Selatan.

“Alhamdulillah, ini sebuah kebanggaan tersendiri atas pencapaian atlet KONI Sulteng di Kejurnas Aceh kali ini,” kata Akbar kepada jurnalis media ini, Selasa (23/11/2021). Dia berharap anak asuhnya dapat tampil maksimal di putaran final yang akan digelar pada Rabu (24/11/2021) besok.

Selain Sulteng kata Akbar, terdapat tujuh atlet lainnya dari Aceh, Jawa Timur, Sumatera Selatan, Sulawesi Selatan, Papua, Jawa Barat, dan Yogyakarta yang juga menembus babak final.

“Sistemnya bukan head to head, semua memanjat jalur yang sama, tinggal dilihat siapa poin tertinggi,” ujar Akbar.

Zikran Lamalundu, Pelatih Tim Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Sulteng juga merasa terharu dan bangga atas kerja keras anak asuhnya kali ini.

Walaupun kata dia, dengan persiapan waktu sangat terbatas dan kondisi sarana masih terbilang minim anak-anak mampu memberikan harapan baru bagi KONI Sulteng yang telah memfasilitasi keberangkatan kontingen FPTI Sulteng.

Hal ini kata dia, dapat menjadi sebuah starting point bagi pembinaan jangka panjang atlet KONI Sulteng, mengingat Sulteng akan menjadi tuan rumah PON 2028 mendatang.

Secara terpisah, Nanang selaku Ketua Umum FPTI Sulteng menyambut gembira atas upaya atletnya yang turun bertanding di kejurnas tersebut.

“Saya mengajak semua masyarakat Sulteng umumnya dan penggiat alam bebas khususnya untuk memberikan doa dan dukungannya kepada Eza,” katanya. Dia berharap semoga upaya maksimal itu dapat membuahkan hasil dan mengharumkan nama Sulteng seperti yang diharapkan bersama. CAL

Komentar

News Feed