DPB Januari Kota Palu Ketambahan 20 Pemilih Pemula dari SMAN 8

-Utama-
oleh

PALU– Pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu di Sulawesi Tengah selesai melaksanakan Rapat Pleno Rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) untuk Januari 2022, bertempat di kantornya, Jumat (28/1/2022).

“Hasilnya, DPB pada Januari 2022 yakni pria sebanyak 123.461 dan perempuan 128.237, total 251.698 orang,” kata Ketua KPU Palu, Agussalim Wahid kepada sejumlah jurnalis.

Dia mengatakan, selama Januari tahun ini, pihaknya melaksanakan kerjasama dengan SMA sederajat di wilayahnya.

Tujuannya kata dia, untuk perlindungan hak pilih pemilih pemula yang usianya 17 tahun, telah melakukan perekaman, dan atau telah memiliki kartu tanda penduduk (KTP) elektronik yang dibuktikan dengan hasil validasi oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

Agussalim menuturkan, di awal Januari 2022, pihak KPU Palu mendapatkan data siswa yang telah berusia 17 tahun yang sementara sekolah di jenjang kelas 12 dan 11 sekolah menengah.

Menurutnya, sekolah yang sudah memasukkan data dan divalidasi adalah SMA Negeri 8 Kelurahan Tipo Kecamatan Ulujadi.

Dia menyebutkan, jumlah siswa yang memenuhi syarat dan telah dimasukkan ke DPB Januari adalah 20 orang, sementara lainnya sementara dilakukan perekaman KTP elektronik oleh Disdukcapil.

Selanjutnya akan dikoordinasi oleh KPU Palu untuk diakomodir pada Februari 2022.

Dia menambahkan, data hasil Rekapitulasi DPB Januari 2022 selanjutnya akan dikirimkan dan diumumkan ke publik, termasuk stakeholders.

“Bagi publik yang ingin mengakses dirinya apakah sudah terdaftar dalam DPB silakan kunjungi https://lindungihakmu.kpu.go.id dengan cara memilih kabupaten kota asal, selanjutnya memasukkan 16 digit NIK dan menekan pilihan “cari”, jika sudah terdaftar maka akan terlihat nomor nama, alamat, kelurahan dan kecamatan serta TPSnya, jika belum terdaftar atau akan mengubah data dan nomor TPSnya segera laporkan diri anda melalui nomor 0822 9253 8096 dengan mengirimkan foto KTP elektronik dan kartu keluarga terbaru,” tutur Agussalim. CAL

Komentar