Pembangunan Masjid Jami di Huntap Tondo I Palu Dimulai

-Utama-
oleh

PALU– Sekretaris Kota (Sekkot) Palu, Irmayanti Pettalolo mengatakan, pihak Pemerintah Kota (Pemkot) akan turut serta dalam membangun Masjid Jami, yang terletak di Hunian Tetap (Huntap) Tondo I, Kecamatan Mantikulore.

“Pemkot Palu tentunya tidak akan berdiam diri dengan pembangunan masjid di Huntap Tondo I,” ucap Sekkot Irmayanti saat memberikan sambutan mewakili walikota di acara peletakan batu pertama pembangunan Masjid Jami Huntap Tondo I, Selasa (5/4/2022).

Menurutnya, pembangunan masjid di Huntap Tondo I ini merupakan suatu sejarah bagi para penyintas bencana 28 September 2018, serta ini menjadi keberkahan di Bulan Suci Ramadan.

Pihak Pemkot Palu juga telah melakukan rapat terkait penyerahan aset pemerintah daerah kepada para penyintas, baik di Huntap Tondo maupun Duyu.

“Kami akan pastikan bahwa aset yang diberikan oleh Pemkot Palu digunakan dengan baik, termasuk fasilitas pendidikan dan masjid,” ujarnya.

Sekkot mengawali peletakan batu pertama pembangunan Masjid Jami lalu disusul Ketua Dewan Masjid Indonesia, Ahmad M Ali.

Sementara itu, Ketua Panitia Pembangunan, Tahril berharap Masjid Jami tahun depan minimal sudah bisa digunakan salat berjemaah.

“Kalau untuk digunakan target saya setahun, tapi kalau secara keseluruhan target saya tiga tahun,” ucapnya.

Masjid Jami yang telah dimulai pembangunannya itu diketahui memiliki luas tanah 80 kali 150 meter persegi, dengan total anggaran Rp 14,2 miliar. “Saya harap Masjid Jami bisa menjadi salah satu ikon di Kota Palu dan menjadi monumen sejarah bencana Pasigala,” harapnya. ZEN

Komentar