Gempa Guncang Tambarana Poso Saat Berbuka Puasa

-Poso-
oleh

POSO– Gempa berkekuatan 4,1 Skala Richter (SR) mengguncang wilayah Tambarana Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah saat warga tengah berbuka puasa, Kamis (21/4/2022). Beruntung, gempa tektonik tersebut tidak menelan korban atau menimbulkan kerusakan.

Kepala Stasiun Geofisika Palu, Sujabar menerangkan, gempabumi terjadi sekitar pukul 18.14 Wita. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 1.33 LS – 120.48 BT atau tepatnya berlokasi di darat, 19 kilometer arah baratdaya Tambarana Kabupaten Poso pada kedalaman 7 kilometer.

“ Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempabumi ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Malei,” terang Sujabar.

Dia mengatakan, berdasarkan laporan masyarakat, gempabumi ini dirasakan III MMI di Poso. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami.

“Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” tegas Sujabar.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (www.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (iOS dan Android @infobmkg). HAL

Komentar