Tambang PT Trio Kencana Segera Beroperasi dan Bayar Hak Masyarakat Kasimbar

-Utama-
oleh

PALU– Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), Rusdy Mastura menerima masyarakat Kasimbar di kantornya membawa surat dukungan untuk operasional tambang emas PT Trio Kencana di Kabupaten Parigi Moutong, Kamis (5/1/2023).

Pada kesempatan itu, Gubernur Rusdy Mastura didampingi Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan dan Kesra Rohani Mastura, Karo Administrasi Pimpinan Eddy Lesnusa, Sekretariat Tim Ahli Gubernur Airil Pettalau.

Ketua Masyarakat Kasimbar, Wilman Winter menegaskan mendukung operasional pertambangan  PT Trio Kencana di wilayahnya.

“Kami perwakilan masyarakat datang kepada gubernur menyampaikan dukungan agar PT Trio Kencana segera melakukan operasional pertambangan sesuai Izin Usaha Pertambangan (IUP) yang dimiliki,” katanya.

Sesuai hasil pertemuan, Surianto selaku pimpinan PT Trio Kencana berjanji tahun 2023 segera operasi dan membayar hak-hak masyarakat sesuai kesepakatan.

Sementara itu, Gubernur Rusdy Mastura mendukung investasi untuk dapat memberikan nilai tambah, baik kepada masyarakat maupun bagi pemerintah.

“Tetapi untuk pertambangan PT Trio Kencana saya dilema, di satu sisi ada pihak menolak, di lain pihak sangat banyak yang mendukung,” katanya.

Gubernur meminta Surianto dari PT Trio Kencana agar membawa pihak yang menolak untuk studi banding dimana pertambangan yang ramah lingkungan supaya masyarakat mengerti sistem pengelolaan pertambangan yang dilakukan di Kasimbar dan tidak merusak sawah.

Gubernur juga meminta agar PT Trio Kencana dapat menyosialisasikan kegiatan dan metode yang dipergunakan, sehingga masyarakat tahu dan dapat menyetujui.

“Setelah ada kesepakatan saya minta PT Trio Kencana segera bayar hak-hak masyarakat,” ujar mantan Walikota Palu dua periode itu.

Gubernur juga meminta agar PT Trio Kencana dapat mengambil hati masyarakat dan memastikan operasional pertambangan yang dilakukan tidak merusak perkebunan dan lingkungan. CAL

Komentar