Walikota Palu Minta Para Orang Tua Jaga Anak Sebaik-baiknya

-Utama-
oleh

PALU– Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid menghadiri pelepasan Siswa Kelas IX Tahun Pelajaran 2022-2023 Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Kota Palu pada Selasa (23/5/2023) di sebuah hotel Jalan Tanjung Satu.

Dalam arahannya, Walikota Hadianto menyampaikan bahwa tidak ada kebahagiaan dan kebanggaan orang tua melainkan ketika melihat anak-anaknya berhasil.

Tetapi menciptakan dan membawa keberhasilan buat anak-anak bukan perkara mudah, banyak aspek dan faktor yang menjadi tantangan bagi orang tua.

Walikota menjelaskan tantangan tersebut mulai dari ekonomi, lingkungan, dan terlebih lagi adalah bagaimana orang tua mampu memberikan pemahaman dan mencocokkan dengan anak-anak.

Menurut dia, kondisi hari ini keterbukaan itu tidak bisa lagi dihalangi maupun ditutup-tutupi, karena keterbukaan begitu terbuka.

“Sehingga ini merupakan tantangan terbesar bagi kita orang tua. Tantangan terbesar lain lagi adalah terkadang anak-anak itu menuntut agar kita orang tua mampu memberikan lebih kepada mereka,” ujarnya.

Oleh karena itu kata dia, mumpung anak-anak baru menamatkan pendidikan di tingkat tsanawiyah atau SMP, yang artinya mereka masih lanjut ke Aliyah atau SMA.

“Masih ada lagi perjalanan waktu cukup panjang yang akan dilewati,” katanya.

Diharapkan para orang tua mampu mengawal anak-anaknya, tidak boleh membiarkan anak-anak tumbuh dengan sendirinya, tumbuh dengan alam pikirnya.

Walikota meminta kepada ortu agar anak-anak yang sudah terlihat progresnya untuk dijaga sebaik-baiknya, sehingga di kemudian hari menjadi harapan baik bagi semua.

Di samping itu, Walikota Hadianto juga berpesan kepada anak-anak, harus optimis memapak masa depan, karena mereka yang akan menentukan nasibnya sendiri. “Hari ini yang jadi walikota adalah produk tsanawiyah. Olehnya ingin jadi sesuatu seperti apa, semua berada dalam tangan kalian. Kalian yang akan menentukan nasib kalian,” ujarnya. HNY

Komentar