Bakal Kunjungi Banggai, Ini Dua Agenda Mendagri

-Banggai, Utama-
oleh

BANGGAI– Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia, Tito Karnavian bakal melakukan kunjungan kerja (kunker) di Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah pada awal Juni 2023 mendatang.

Menindaklanjuti rencana kunjungan Mendagri, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan hal tersebut.

Panitia yang dipimpin Kadis Ketahanan Pangan Kabupaten Banggai, Alfian Djibran melakukan persiapan di Pulo Dua, Kecamatan Balantak Utara pada Selasa (23/5/2023).

Di Pulo Dua itu, tim memastikan lokasi kunjungan dan tempat penginapan.

Dari kunjungan itu, tim telah memastikan dua penginapan dengan fasilitas 14 kamar, yang nantinya akan ditambah dengan persiapan 10 rumah warga sekitar.

“Sehubungan dengan ini, masih ada beberapa hal yang perlu dibenahi,” kata Alfian.

Sebelum menuju Pulo Dua, panitia sempat singgah di Pelabuhan Desa Bonebobakal, Kecamatan Lamala, untuk memastikan kesiapan pelabuhan ini bila rombongan Mendagri akan masuk ke wilayah ini.

Ada tempat penginapan yang lebih representatif kata Alfian, akan tetapi menurut pemilik penginapan, tempat itu sudah dibooking oleh turis Australia di saat jadwal waktu tersebut.

“Keliatannya pemilik penginapan tidak ingin mengorbankan reputasi Kabupaten Banggai dan Indonesia tentunya di mata orang-orang luar hanya karena ada pembatalan pesanan tempat,” jelas Alfian.

Ketua Panitia Kunjungan Mendagri, Alfian Djibran yang ditunjuk langsung oleh Bupati Banggai ini memohon kerjasama bagi organisasi perangkat daerah (OPD) lainnya yang masuk dalam kepanitiaan maupun tidak termasuk yang di kecamatan, untuk turut berpartisipasi membantu kelancaran demi kesuksesan dan kelancaran kunjungan Mendagri di Kabupaten Banggai.

“Saya percaya, kesiapan kita, dengan bimbingan bupati, wakil bupati, dan sekkab, ini InsyaAllah akan sukses,” ujarnya di saat memaparkan rencana kunjungan ini ketika berada di Pantai Pulo Dua Kecamatan Balantak Utara.

Kemudian pada Rabu (24/05/2023), tim persiapan menuju Desa Mantawa Kecamatan Toili Barat untuk memastikan kesiapan di lokasi panen raya.

Seperti diketahui, Mendagri Tito Karnavian akan melakukan kunker ke Kabupaten Banggai dalam rangka kunjungan panen raya.

Berdasarkan rencana, kunjungan Mendagri berlangsung pada 1 Juni 2023 dengan menghadiri panen raya di Desa Mantawa Kecamatan Toili Barat.

Selanjutnya pada 2-3 Juni 2023, Mendagri dan rombongan akan berada di Pulo Dua Kecamatan Balantak Utara. AAD

Komentar