IKSPI Sulteng Jaring Atlet Berprestasi Lewat Kejurda

-Olahraga, Utama-
oleh

PALU– Ikatan Keluarga Silat Putra Indonesia (IKSPI) Kera Sakti Pengurus Daerah (Pengda) Sulawesi Tengah (Sulteng) menggelar Kejuaraan Daerah (Kejurda) IKSPI Cup 2023 dalam rangka menjaring atlet berprestasi yang akan mewakili provinsi itu ke Kejuaraan Nasional (Kejurnas).

“Kejuaraan ini diikuti oleh seluruh anggota cabang IKSPI se Sulawesi Tengah,” kata Ketua Panitia Pelaksana Kejurda IKSPI Kera Sakti Sulteng, Muhammad Irfan di Palu, Kamis (25/5/2023).

Dia mengungkapkan sebanyak 49 atlet pencak silat akan mengikuti pertandingan seleksi untuk mewakili Sulawesi Tengah di tingkat nasional.

Irfan mengatakan, Kejurda di Sulteng tersebut merupakan kali pertama diselenggarakan serta diikuti oleh tiga kabupaten yang merupakan cabang IKSPI Pengda Sulteng, yaitu cabang Kota Palu, Kabupaten Donggala dan Kabupaten Sigi.

Adapun kegiatan tersebut dilaksanakan selama tiga hari, mulai dari 25-28 Mei.

Para pemenang kejurda, kata dia, nantinya dilatih intens sebelum bertanding IKSPI Kera Sakti Cup tingkat nasional di Padepokan IKSPI Kera Sakti Madiun pada 19-25 Juni 2023.

Menurut dia, pada kejuaraan ini ada sebanyak lima kelas yang dipertandingkan dan masing-masing akan diwakili putra-putri di tiap kelasnya.

“Saya tentunya berharap kepada seluruh pesilat IKSPI Kera Sakti untuk selalu bersinergi dengan rekan-rekan perguruan bela diri yang lain serta menjunjung tinggi sportivitas,” katanya.

Dia juga berharap IKSPI Kera Sakti dapat berkembang dan dikenal sampai ke mancanegara.

Sementara itu, Ketua Harian Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulteng, Edison Ardisen Alfo mengapresiasi terselenggaranya kejuaraan tersebut.

“Saya ingin menyampaikan apresiasi terhadap terselenggaranya kejuaraan ini dan tentunya berharap Sulawesi Tengah dapat memenangkan pertandingan pada Kejurnas yang akan digelar di Madiun nanti,” katanya.

Dia juga berpesan kepada seluruh peserta untuk selalu menjunjung tinggi sportivitas dalam setiap pertandingan. ARA

Komentar