Pemkot Luncurkan Aplikasi Sangu Palu untuk Mudahkan Layanan Masyarakat

-Utama-
oleh

PALU– Pemerintah Kota (Pemkot) Palu resmi meluncurkan Aplikasi Sangu Palu dan bisa didownload di aplikasi Play Store.

Sangu Palu ini merupakan aplikasi yang diklaim mempermudah pengurusan administrasi serta pengaduan melalui handphone.

Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid didampingi Wakil Wali Kota Palu, Reny Lamadjido berkesempatan meluncurkan apilikasi itu di halaman kantornya bertepatan Hari Ulang Kota (HUT) ke 45 Kota Palu pada Rabu (27/9/2023) malam.

Walikota Hadianto menjelaskan, aplikasi ini memudahkan masyarakat yang ingin mengurus Kartu Tanda Penduduk (KTP), maupun dokumen kependudukan lainnya cukup lewat handphone.

Selain itu masyarakat bisa dengan mudah mengakses informasi terkait rumah sakit, modal usaha hingga beasiswa.

“Bisa juga pengaduan terkait Kota Palu,” katanya.

Dalam aplikasi ini kata dia, terdapat nomor penting yang bisa dihubungi, seperti pemadam kebakaran.

“Tidak perlu lagi berhadapan dengan walikota maupun kepala dinas, sekarang cukup lewat handphone. Kita berupaya memberikan pelayanan sebaik mungkin,” ujarnya.

Hadianto mengungapkan, selama dua tahun menjabat sebagai walikota dan wakil walikota belum bisa memberikan yang terbaik bagi Kota Palu dan masih banyak pekerjaan yang belum selesai.

Saat ini, kata dia dari 53 program kerja yang menjadi komitmen politik, sampai saat ini pencapaiaan kerja baik secara kuantitatif maupun kualitatif baru mencapai 52 persen.

“Artinya masih ada 48 persen lagi yang terselesaikan. Kita berdoa, tahun ini banyak hal yang bisa dicapai,” katanya.

Dia berharap 2024 mendatang yang merupakan tahun terakhir pengabdian sebagai walikota dan wakil walikota bisa mencapai lebih, sehingga benar-benar apa yang dijanjikan kepada masyarakat bisa terpenuhi dengan baik.

Di akhir sambutannya, walikota meminta masyarakat di wilayahnya agar ikut mendoakan Kota Palu menjadi lebih baik. Selain itu warga juga diminta menjaga kota serta menyayanginya agar kebersihan tetap terjaga.

“Jangan coret-coret sembarangan, jangan lagi ya!,” pintanya.

Sebelumnya, Walikota Hadianto menyampaikan permohonan maaf karena ekspektasi terkait mendatangkan artis tidak sesuai harapan masyarakat. Dia berjanji di tahun depan setelah revitalisasi lapangan Vatulemo selesai, artis seperti warga harapkan bisa tampil pada perayaan HUT ke 46 Kota Palu. HNY

Komentar