PALU– Empat produk komunitas asal Sulawesi Tengah (Sulteng) akan hadir di Festival Parara di Jakarta pada 11 hingga 15 Oktober 2023 mendatang.
Kegiatan dua tahunan tersebut digelar oleh Konsorsium Parara yang diikuti sejumlah lembaga swadaya masyarakat dan komunitas masyarakat adat dan lokal dari seluruh Indonesia.
“Empat produk komunitas yang mengikuti ajang festival ini adalah produk Virgin Coconut Oil dan minyak kelapa, sabun berbahan baku VCO dari Kelompok Kaluku Belo dari Desa Tanjung Padang Kecamatan Sirenja Kabupaten Donggala, Gula Semut Jahe dari Kelompok Tani Hutan Matujutuju dari Desa Oncone Kecamatan Tinombo Selatan Kabupaten ParigiMoutong Provinsi Sulawesi Tengah,” ungkap Buhana, pimpinan ROA eStore, Ahad (1/10/2023), salah satu gerai yang menampung produk komunitas dampingan di Kota Palu.
Buhana menjelaskan, keempat produk tersebut dapat lolos menjadi perwakilan dari Sulteng karena melalui tahapan kurasi dari tim yang ditunjuk oleh panitia Festival Parara dengan beberapa proses penilaian diantaranya terkait NIB, PIRT dan proses produksi, harga dan sumber bahan baku yang lestari, ramah lingkungan serta kelembagaan kelompok.
“Saya bersyukur keempat produk yang selama ini kami dampingi bisa ikut dalam festival tersebut, sehingga kami dapat memiliki kesempatan yang baik untuk lebih memperkenalkan, mempromosikan sekaligus memasarkan produk komunitas secara lebih luas,” ujarnya.
Dia menambahkan, menurut panitia Festival Parara 2023 kali ini akan tampil berbeda dengan penyelenggaraan tahun sebelumnya.
Parara 2023 mengambil tema dengan konsep “Rumah Parara” yang lebih dekat dengan keseharian kaum urban Jakarta.
Mengangkat keterlibatan pemuda dan kedaulatan pangan dengan semboyan “Muda, Berdaulat dan Berdaya”.
Sementara itu, Sutarno, Ketua Kelompok Kaluku Belo menyampaikan kebahagiaannya karena produk mereka dapat mengikuti ajang di luar daerah yang tentunya memberikan semangat dan harapan bagi kelompok usaha kecilnya, sehingga dapat dikenal lebih luas.
“Saya berharap dengan ajang festival seperti ini produk kami dapat lebih dikenal dan dipasarkan secara meluas tidak hanya dipasarkan di daerah sendiri, tetapi juga di luar daerah. Bahkan harapannya juga memperoleh jaringan pemasaran yang tentunya bisa bekerjasama dalam memperkenalkan maupun mempromosikan serta memasarkan produk kami,” kata Sutarno berharap. BAL
Komentar