Staf Ahli Bupati Parimo: Jadilah Duta Genre yang Berakhlak Mulia

-Parigi Moutong, Utama-
oleh

PARIMO– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Parigi Moutong (Parimo) melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) menggelar Pemilihan Duta Genre Tingkat Kecamatan se Parimo Tahun 2023 di Aula Dinas Pendidikan dan Pengajaran setempat, Kamis (16/11/2023).

Mewakili Penjabat (Pj) Bupati Parimo, Staf Ahli Bidang Sumber Daya Manusia, Pengembangan Kawasan dan Wilayah, Armin menyampaikan, kegiatan itu bertujuan untuk memilih figur remaja yang menjadi teladan serta motivator yang berperan aktif memberikan wawasan/informasi, pendidikan, konseling, sikap serta perilaku positif dalam mengembangkan secara mental, fisik, intelektual, spiritual dan sosial bagi remaja.

“Sehingga remaja terhindar dari pernikahan dini, seks pranikah dan bahaya narkoba,” katanya.

Selain itu juga mampu menyosialisasikan program pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana (Bangga Kencana).

Dia mengatakan, berkaca dengan fenomena yang kerap terjadi dan melihat remaja saat ini sangat berisiko dan rentan terhadap pernikahan dini, penyalahgunaan narkoba.

Tentunya hal seperti itu sangat disayangkan mengingat remaja adalah generasi penerus yang akan berperan penting dalam pembangunan kedepan.

Maka dari itu, diperlukan suatu terobosan untuk mengantisipasi permasalahan di atas, salah satu terobosan yang diusung Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional sebagai gerbang utama untuk mengampanyekan Triad KRR, yaitu tiga anti yakni Anti Napza, Anti Seks Bebas, dan Anti Pernikahan Dini di kalangan remaja secara serentak.

“Untuk itu saya berharap, duta genre yang terpilih nantinya mampu menjadi panutan bagi remaja sebayanya dalam merencanakan masa depan dan mengisi masa mudanya dengan hal-hal positif dan bermanfaat bagi masyarakat sekaligus menekan maraknya permasalahan remaja,” tuturnya.

Yang paling menonjol kata dia, adalah permasalahan di bidang seksualitas, permasalahan HIV/AIDS, penyalahgunaan narkoba serta rendahnya pengetahuan tentang kesehatan reproduksi dan usia kawin pertama yang relatif masih rendah, masih menimpa remaja, sehingga peran duta genre perlu terus digiatkan.

Dia berharap, pemenang duta genre nantinya agar lebih kreatif dan inovatif. Tetap semangat belajar, berkarya dan berprestasi serta berinovasi sehingga mampu bersaing untuk meraih sukses.

“Jauhi segala tindakan atau perilaku yang bisa menyebabkan rusaknya mental. Jauhi narkoba dan tindakan anarkistis. Jangan mudah terpengaruh dan tergiur terhadap materi media dan nilai-nilai negatif serta hiruk pikuknya budaya asing yang tidak sesuai dengan nilai dan kepribadian bangsa,” tuturnya.

“Manfaatkan internet untuk belajar dan menggali ilmu pengetahuan yang mencerdaskan. Jadilah duta generasi berencana yang berakhlak mulia dan mampu menjadi role model bagi remaja di Kabupaten Parigi Moutong ini,” katanya. LAH

Komentar