Banjir Terjang Empat Desa di Touna, Satu Warga Meninggal Dunia

-Utama-
oleh

TOUNA– Sejumlah desa di Kabupaten Tojo Unauna (Touna), Sulawesi Tengah (Sulteng) diterjang banjir pada Ahad (21/1/2024).

Kepala Pelaksana BPBD Sulteng, Akris Fattah Yunus pada Senin (22/1/2024) mengatakan, pihaknya mencatat sebanyak empat desa dilanda banjir yakni Desa Mawomba Kecamatan Tojo Barat, serta Desa Tayawa, Bahari, dan Lemoro Kecamatan Tojo.

Dia merincikan, di Desa Mawomba Jalan Trans terendam banjir, kemudian di Desa Bahari sebanyak sekira 107 kepala keluarga (KK) terdampak banjir dan dua rumah hanyut.

Sementara di Desa Tayawa sebanyak sekira 150 KK terdampak, lima rumah hanyut, satu masjid dan tiga dusun terendam banjir.

Banjir di Desa Tayawa itu juga mengakibatkan akses jalan terputus dan pipa PDAM dan pipa air bersih rusak diterjang banjir.

Di Desa Lemoro banjir mengakibatkan putusnya pipa PDAM.

Akris menjelaskan, banjir itu terjadi pada Ahad (21/1/2024) sekira pukul 15.00 disebabkan Sungai Mawomba kembali meluap setelah beberapa jam terjadi curah hujan yang tinggi, sehingga mengakibatkan banjir hingga meluap ke pemukiman warga dan bahu Jalan Trans Sulawesi.

Dalam musibah banjir itu, seorang warga Desa Bahari bernama Said (50) meninggal dunia terbawa arus.

Saat ini pihak BPBD Sulteng tengah melakukan asesmen dan berkoordinasi dengan aparat desa yang terdampak banjir.

Adapun kebutuhan mendesak warga terdampak banjir yakni air bersih, logistik/makanan cepat saji, dan pakaian/selimut.

Pihak BPBD Sulteng juga menyatakan, saat ini banjir masih menggenangi sejumlah desa di Touna dan intensitas hujan di daerah pegunungan juga tinggi, sehingga debit air terus bertambah. HAL

Komentar