Kapolda Sulteng Tekankan Empat Jaga untuk Personel Pengamanan TPS Pemilu 2024

-Kota Palu, Utama-
oleh

PALU– Kapolda Sulawesi Tengah (Sulteng), Irjen Polisi Agus Nugroho secara khusus memberikan arahan kepada anggotanya dalam pelaksanaan apel jam pimpinan dalam menghadapi pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilu 2024, Senin (5/2/2024).

Dalam pengamanan TPS nantinya, Polda Sulteng akan menugaskan 902 personelnya membantu pengamanan TPS di wilayah polres jajaran.

“Tanpa terasa tahap masa tenang Pemilu 2024 sudah di depan mata. Tanggal 11 hingga 13 Februari 2024,” ungkap Kapolda Sulteng.

Dia mengatakan, situasi dan kondisi kamtibmas secara umum dapat mendukung pelaksanaan pemungutan suara yang akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024 mendatang.

Untuk memahami tugas dan fungsi dalam pengamanan TPS, dalam kesempatan ini kapolda akan memberikan keywordnya.

“Sederhana saja, baca dan pahami betul buku saku atau panduan yang sudah dibagikan,” pinta Kapolda Sulteng.

Disana kata dia, sudah tergambar jelas apa-apa yang harus dilakukan, baik untuk petugas yang akan melaksanakan pengamanan TPS maupun petugas yang akan bertugas sebagai power in hand pimpinan.

Kapolda menyebut, dalam buku saku tersebut juga secara gamblang digambarkan jenis peraturan perundangan yang harus dipedomani dalam pelaksanaan tugas pengamanan, sampai dengan langkah-langkah koordinasi.

“Intinya kita laksanakan tugas pengamanan secara professional, proporsional, transparan dan akuntabel, sehingga beberapa kejadian kemarin yang sempat mendiskreditkan institusi kita, baik terkait masalah netralitas kita, sebagai aparat keamanan maupun keterlibatan dalam berbagai kegiatan tidak terulang kembali,” tegasnya.

Kapolda juga berpesan kepada petugas yang melaksanakan pengamanan di TPS dan di mako masing-masing pedomani betul empat perintah harian yang selalu digaungkan, yaitu empat jaga.

Yang pertama jaga diri, keimanan, ketakwaan, keselamatan, keamanan, kehormatan, kemampuan dalam pelaksanaan tugas dan seterusnya yang sudah sering disampaikan.

Kedua jaga keluarga, selama melaksanakan tugas di luar rumah, agar menjaga dirinya, tetap berkomunikasi, memelihara dan mendidik anak-anak dengan baik.

Demikian juga dengan keluarga di lingkungan kerja agar didasari dengan semangat kebersamaan dan kekompakan.

Yang ketiga sebut kapolda yakni jaga hubungan baik dengan masyarakat.

Di dalam pengamanan TPS, bagi rekan-rekan akan merasa sendiri bila tidak mampu membangun hubungan baik dengan masyarakat.

Oleh karena itu bangun komunikasi, koordinasi dan kolaborasi dengan stakeholder terkait, maka merekapun akan membantu tugas-tugas dalam pengamanan TPS.

Dalam komunikasi dengan masyarakat kedepankan 5S yaitu Senyum, Sapa, Salam, Sopan dan Santun ini yang akan memudahkan melakukan hubungan baik dengan seluruh stakeholder.

Yang terakhir jaga institusi Polri. “Jangan lakukan hal-hal yang dapat menodai institusi Polri selama pelaksanaan pengamanan TPS,” pungkasnya.

902 personel Polda Sulteng yang akan melaksanakan Bawah Kendali Operasi (BKO) pengamanan TPS Pemilu 2024 ke Polres jajaran, direncanakan dilepas pada 10 Februari 2024. CAL

Komentar