Basarnas Palu Gelar Donor Darah Sambut HUT, Target 52 Kantong

-Kota Palu, Utama-
oleh

PALU– Pihak Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan atau Basarnas menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke 52 dengan menggelar berbagai kegiatan bakti sosial.

Di Kota Palu, Sulawesi Tengah, pihak Basarnas setempat menggelar aksi donor darah di kantornya Jalan Elang, Kecamatan Palu Selatan, Kamis (22/2/2024) pagi.

Aksi kemanusiaan itu bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia yang diikuti puluhan personel basarnas dan unsur potensi SAR lainnya.

Kepala Sub Seksi Operasi dan Siaga Basarnas Palu, Rusmadi kepada sejumlah jurnalis di kantornya mengatakan, kegiatan donor darah itu digelar serentak di Indonesia dan dibuka secara resmi oleh Kepala Basarnas, Marsekal Madya Kusworo melalui zoom meeting pada Kamis pagi.

Rusmadi menjelaskan, aksi donor darah itu merupakan kegiatan rutin tahunan yang digelar basarnas dalam rangka memperingati HUT Basarnas.

Selain donor darah, Basarnas Palu juga akan mengadakan bakti sosial dengan melakukan anjangsana ke panti asuhan.

“Untuk target kantong darah sebanyak 52 sesuai dengan HUT Basarnas tahun ini. Semoga targetnya bisa terpenuhi,” tuturnya.

Puncak HUT Basarnas ke 52 akan dilaksanakan pada 28 Februari 2024 dengan menggelar upacara di kantornya Jalan Elang, Kecamatan Palu Selatan.

FOTO: ICHAL/SULTENGTERKINI.ID

Sementara itu, Kepala Basarnas, Marsekal Madya Kusworo dalam sambutannya menuturkan, kegiatan donor darah ini merupakan simbol kepedulian dan keberanian untuk berbagi.

Menurutnya, donor darah itu tindakan mulia yang sederhana namun berdampak luar biasa.

“Setiap tetes darah yang bapak-ibu sumbangkan pada hari ini sangat berarti untuk kehidupan saudara-saudara kita yang membutuhkan. Darah yang terkumpul dari kegiatan kita hari ini, memiliki potensi untuk menyelamatkan nyawa, memberikan harapan kepada mereka yang sedang berjuang melawan penyakit, pemulihan kesehatan, atau menghadapi keadaan darurat,” ujar Kusworo.

Untuk itu, dia menyampaikan rasa salut dan terima kasih sebesar-besarnya kepada para pendonor, yang dengan sukarela bersedia memberikan bagian dari dirinya untuk membantu orang lain yang membutuhkan.

“Semoga semangat gotong royong dan kepedulian yang ditunjukkan hari ini dapat menjadi contoh bagi kita semua dalam membangun masyarakat yang lebih peduli dan saling membantu,” pungkas orang pertama di Basarnas itu. CAL

Komentar