Laju Inflasi di Parimo Alami Penurunan

-Utama-
oleh

PARIMO– Asisten II Perekonomian dan Pembangunan, Moh Yasir mewakili Penjabat (Pj) Bupati Parigi Moutong (Parimo) membuka kegiatan Penyusunan RoadMap Inflasi Kabupaten Parigi Moutong Tahun 2025-2027 di Aula Kantor Bappelitbangda, Kamis (7/3/2024).

Dalam sambutannya, Asisten II Moh Yasir menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada Bappelitbangda Parimo yang bekerjasama dengan Universitas Tadulako dalam menyelenggarakan kegiatan ini.

Dia mengatakan, pembangunan daerah merupakan ativitas yang dilakukan secara berkelanjutan dan terintegrasi, untuk mewujudkan kondisi perekonomian daerah menjadi lebih baik, meningkat, dan maju yang diarahkan mencapai target peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Untuk kita ketahui bersama, laju inflasi di Kabupaten Parigi Moutong mengalami tren penurunan dalam kisaran sasarannya, kecuali pada masa pandemi Covid-19,” ujarnya.

Pada Desember 2023 inflasi Month to Month (MTM) Kabupaten Parigi Moutong tercatat sebesar 0,90 persen dengan indeks harga konsumen 115.08.

Inflasi MTM terjadi karena adanya kenaikan harga bahan makanan pada Desember.

Terkait hal tersebut kata dia, dinilai perlu untuk menyusun RoadMap (Peta Jalan) Pengendalian Inflasi, yang nantinya diintegrasi dengan Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Kabupaten Parigi Moutong Tahun 2024-2026 dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Kabupaten Parigi Moutong Tahun 2025-2045.

Dengan tetap mengadopsi strategi kebijakan 4K yaitu Keterjangkauan Harga, Ketersediaan Pasokan, Kelancaran Distribusi, dan Komunikasi Efektif.

Dia menambahkan, pengedalian inflasi sendiri dinilai penting sebagai pedoman pengedalian inflasi nasional dan daerah, dan dasar penyusunan Program Kerja Tim Pengendali Inflasi Dearah (TPID) Kabupaten Parigi Moutong secara periodikal. LAH

Komentar